Kala Caleg di Jakut Beri Bantuan Hukum Gratis ke Emak-emak Penjual Kopi di Pinggir Jalan

02 Februari 2024 20:37
Penulis: Mochammad Rizki, news
Timbul Fransisco Malau (tengah).

Sahabat.com - Beragam cara dilakukan calon anggota legislatif untuk menarik perhatian ke masyarakat sehingga memberikan dukungan saat Pemilu 2024 mendatang. Seperti yang dilakukan caleg DPRD DKI Jakarta dapil 3 Jakarta Utara dari Partai Buruh, Timbul Fransisco Malau. Guna menggalang dukungan, ia memberikan konsultasi dan pendampingan hukum gratis kepada masyarakat kurang mampu. 

"Salah satunya sudah kami bantu seorang ibu pedagang kopi di pinggir jalan, beberapa waktu lalu," ujar Malau kepada wartawan, Jumat (2/2/2024). 

Ia menuturkan, awalnya sang ibu tersebut mendatangi Posko Kemenangan Partai Buruh di Jakarta. Ibu tersebut lalu meminta bantuan kepada Partai Buruh dikarenakan, anaknya di-PHK. 

"Ijazahnya juga ditahan oleh perusahan serta didenda uang sebesar Rp3 juta," ucap Malau. 

Malau pun langsung merespons dan memberikan pendampingan hukum. Ia menegaskan bahwa bantuan itu sama sekali tidak dipungut bayaran. 

"Akhirnya persoalan ini selesai, ijazah sudah dikembalikan, dan denda juga ditiadakan," ucapnya. 

Malau menjelaskan, konsultasi hukum yang ia berikan secara cuma-cuma baik itu persoalan terkait hukum pidana maupun hukum perdata. Termasuk bagi buruh dan juga para karyawan yang memiliki permasalahan. 

"Hasil konsultasi akan dibuatkan legal opinion apakah perlu pendampingan lebih lanjut," ucapnya. 

Ia berharap konsultasi gratis ini dapat membantu masyarakat kecil agar lebih paham tentang hukum. Karena, kata dia banyak di antaranya yang belum mengerti tentang hukum. 

"Sehingga resikonya dibodohi atau dikomersialkan. Selain itu, penegakan hukum saat ini juga masih runcing ke bawah tapi tumpul ke atas," tandasnya. 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment