Kemenag Siapkan Layanan Haji Ramah Lansia, Simak Rinciannya

01 April 2023 06:14
Penulis: Adiantoro, news
Ilustrasi. Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan layanan haji ramah lansia. (Istimewa/Himpuh)

Sahabat.com - Kementerian Agama (Kemenag) terus menyiapkan fasilitas dan layanan untuk jamaah haji Indonesia tahun 1444 H/2023 M. 

Layanan yang disiapkan termasuk memperhatikan kemudahan akses dan kenyamanan aktivitas jamaah haji lanjut usia (lansia).

"Segala upaya menyukseskan layanan tersebut menjadi konsentrasi Kementerian Agama pada kesiapan pelayanan haji 1444 H/2023 M," kata Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sihdu (Sistem Informasi Haji Terpadu) Jaja Jaelani saat memimpin rapat pimpinan dengan pejabat Kemenag Kanwil Provindi Sulawesi Selatan, dilansir dari laman resmi Kemenag, Sabtu (1/4/2023).

Kesiapan tersebut mencakup pelayanan kesehatan. Kemenag melibatkan ahli geriatri untuk memantau, mengawasi, dan mendampingi kesehatan jamaah haji lansia.

Terkait layanan transportasi, Kemenag juga menyiapkan bus yang ramah dan mudah diakses oleh jamaah haji lansia, serta akan menempatkan petugas-petugas yang dapat membantu jemaah naik dan turun bis dan pesawat.

"Tujuannya, jamaah lansia terpehatikan keamanan, kenyamanan, dan keselamatannya," tambah Jaja.

Untuk layanan akomodasi mencakup hotel dan asrama haji. Jaja akan berkoordinasi dengan pihak terkait agar fasilitas tersebut dibuat mudah untuk diakses jamaah haji lansia. Misalnya, disiapkan ruang tunggu khusus, serta menempatkan jamaah lansia di kamar lantai awal dengan memberikan prioritas layanan.

Jaja juga berpesan, agar tidak terlalu banyak kegiatan serimonial saat jamaah berada di embarkasi. Sebab, dikhawatirkan hal itu akan menguras energi dan membuat jamaah kelelahan. 

"Namun, terpenting dari itu semua adalah partisipasi sosial dan penghormatan. Artinya, melibatkan partisipasi jamaah haji lainnya dan semua pihak untuk peduli pada jemaah haji lansia dan memprioritaskan layanan terhadap jamaah lansia yang diutamakan," imbuhnya.

Jaja dan pihaknya terus mengkaji dan mengupayakan layanan tersebut berjalan sesuai harapan. Ini menjadi tantangan, mengingat jumlah jamaah haji lansia tahun ini cukup signifikan, mencapai 67.199 orang. 

Jumlah ini terdiri atas empat kategori, yakni:

1. 380 jamaah dengan usia jamaah 95 tahun ke atas.

2. 6.594 jamaah dengan usia 86-95 tahun.

3. 12.559 jamaah berusia 76-85 tahun.

4. 47.666 jamaah berusia 65-75 tahun.

"Jamaah lansia perlu menjadi perhatian kita bersama," tukas Jaja.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment