Kemenkeu Tampik Ada 'Geng' Rafael Alun

01 Maret 2023 13:39
Penulis: Mochammad Rizki, news
Rafael Alun Trisambodo. (Net)

Sahabat.com - KPK mengungkap adanya 'geng' kala memeriksa mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo. Staf Khusus (Stafsus) Menkeu Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo, membantah keberadaan geng ini.

"Kalau nggak dijawab memang nggak ada," ujar Yustinus dalam jumpa pers, Rabu (1/3/2023).

KPK sebelumnya memeriksa eks pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hari ini. KPK pun bicara soal peluang memeriksa pihak lain yang diduga termasuk 'geng' Rafael.

"Kita pastikan sesudah yang bersangkutan, pasti ada lagi orang-orang lain. Yang kami kan dengar juga ada gengnya, tapi kita kan perlu tahu polanya," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (1/3/2023). 

Pahala menjelaskan arti 'geng' terkait dengan Rafael Alun. 

"Tapi kalau dibilang geng, ya bukan kayak geng anak SMP, ngumpul-ngumpul. Kita dapat informasi saja kalau si ini sama, ini si ini. Kita lihat, 'oh iya perjalanannya nyambung di beberapa tempat'. Itu yang saya maksud geng. Jadi jangan dianggap geng, dia berkomplot, nggak jugalah," tutur Pahala.

Pahala mengatakan KPK tengah menelusuri pola yang berkaitan dalam pelacakan aset kekayaan pejabat di Kementerian Keuangan. Dia menilai pola itu nantinya bisa membantu KPK dalam mengungkap pejabat Kementerian Keuangan lainnya yang memiliki aset kekayaan janggal seperti Rafael Alun.

"Kalau ini kita dapat polanya saya sih sama temen-temen pengen bener ini gimana. Kaya saya yang sebut tanda kutip geng bisa kita capture lewat pola. Jadi sabar semoga, semoga bisa. Kalau nggak bisa ya memang nasib," tandasnya.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment