Kemensos Berdayakan Kampung Bedeng Pasok Sandal Hotel

28 Februari 2023 12:17
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Pelatihan vokasional warga Kampung Bedeng, Cempaka Putih Jakarta Pusat di Sentra Mulya Jaya, Jakarta, Senin (27/2/2023). (ANTARA/HO-Kemensos)

Sahabat.com - Kementerian Sosial memberdayakan warga Kampung Bedeng, Cempaka Putih Jakarta Pusat untuk menjahit dan diarahkan untuk memproduksi sandal hotel.

Pelaksana tugas Kepala Sub Bagian Tata Usaha Sentra Mulya Jaya Jakarta Latifah Ningrum dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa mengatakan atas arahan Menteri Sosial, Tri Rismaharini, pihaknya menyelenggarakan pelatihan vokasional dan mengarahkan agar hasil karya warga bisa dipasarkan ke hotel.

"Semua rangkaian utuh ini merupakan arahan Mensos. tujuannya agar warga Kampung Bedeng menikmati kesejahteraan," kata Latifah.

Latifah mengatakan upaya ini dilakukan dengan menggandeng Koperasi Cempaka Sejahtera Berkemajuan (KCSB) yang merupakan koperasi warga Kampung Bedeng. Sentra Mulya Jaya memfasilitasi pelatihan bagi 21 peserta yang merupakan ibu-ibu produktif Kampung Bedeng di Sentra Mulya Jaya di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Sesuai arahan Bu Mensos, kita tidak hanya fokus pada pengembangan kemampuan tetapi juga kepada pemberdayaan sehingga menghasilkan nilai ekonomi. Nantinya mereka akan memenuhi pesanan produk sandal hotel ini sampai 5.000 pasang dalam waktu satu bulan," kata Latifah.

Lewat Koperasi, warga Kampung Bedeng telah menerima pesanan produk sandal dari 8 hotel di Jakarta. Latifah optimistis, kuota 5.000 pasang sandal ini bisa diselesaikan warga Kampung Bedeng, dalam waktu satu bulan.

Pelatihan yang melibatkan instruktur dari Sentra Mulya Jaya Jakarta ini diisi dengan praktik dasar membuat pola hingga pembuatan sandal hotel. Selama pelatihan, warga terlihat antusias mengikuti setiap tahapannya.

Hal ini diakui oleh Nisa, salah satu peserta yang mengungkapkan semangatnya mengikuti pelatihan ini. "Saya senang sekali bisa ikut belajar menjahit, saya jadi tahu menjahit yang benar itu seperti apa. Langsung dapat orderan juga dari hotel,” ujarnya.

Dengan pelatihan ini, Kemensos berharap kemampuan warga bisa menjadi modal usaha. Tentunya modal ini bisa menambah pendapatan warga Kampung Bedeng.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment