Kementerian PUPR Bangun Rusun Mahasiswa Jambi dukung Peningkatan SDM

27 Februari 2023 08:13
Penulis: Alber Laia, news
Rumah susun bagi mahasiswa Institut Agama Islam Yayasan Nurul Islam (Yasni) Muara Bungo Jambi oleh Kementerian PUPR dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia. ANTARA/HO - Ditjen Perumahan Kementerian PUPR

Sahabat.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rumah susun (rusun) bagi mahasiswa Institut Agama Islam Yayasan Nurul Islam (Yasni) Muara Bungo Jambi dalam rangka mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia atau SDM.

“Kami siap mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda melalui pembangunan infrastruktur dan perumahan seperti rumah susun untuk lembaga pendidikan tinggi,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Kementerian PUPR, lanjut Iwan, melalui Direktorat Jenderal Perumahan telah melengkapi hunian vertikal tersebut dengan berbagai fasilitas pendukung di Rusun seperti tempat tidur, lemari pakaian, meja dan kursi belajar serta ruang pengelola, dapur bersama serta fasilitas untuk penyandang disabilitas.

“Rusun ini menjadi asrama bagi mahasiswa selama belajar dan menuntut ilmu di perguruan tinggi. Kami melengkapi berbagai fasilitas penunjang sehingga mereka bisa tinggal dengan nyaman,” katanya.

Pembangunan infrastruktur dan perumahan untuk meningkatkan kualitas SDM khususnya mahasiswa di perguruan tinggi di Provinsi Jambi terus dilaksanakan oleh Kementerian PUPR. Salah satunya adalah mendorong minat mahasiswa Institut Agama Islam Yayasan Nurul Islam (Yasni) Muara Bungo Jambi untuk tinggal di rusun dengan berbagai fasilitas yang berkualitas.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera IV Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Tambat Yulis mengatakan, pembangunan Rusun untuk mahasiswa IAI Yasni Muara Bungo merupakan upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di Provinsi Jambi.

Pada tahun 2022 lalu BP2P Sumatera IV juga telah menyelesaikan pembangunan rusun mahasiswa Institut Agama Islam Yasni Muara Bungo yang memiliki sejumlah fasilitas seperti ruang serba guna, ruang pengelola, dapur bersama dan 11 kamar tidur dan dua kamar tidur khusus difabel lengkap dengan tempat tidur, lemari pakaian, meja belajar dan kamar mandi.

“Kami harap bangunan ini bisa bermanfaat dan mahasiswa yang menghuni rusun ini dapat merawat dan memelihara ini dengan sebaik-baiknya,” kata Tambat Yulis.

Dia pun telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan guna melihat kesiapan rusun tersebut agar bisa segera di huni oleh para mahasiswa yang telah didata oleh pihak yayasan sebagai pengelola.

“Lokasi pembangunan Rusun berada di Jalan Lintas Sumatera KM 04, Sungai Binjai, Kecamatan Batin III, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Total anggaran pembangunan Rusun senilai Rp 4,11 Miliar dan dibangun satu tower setinggi dua lantai dan memiliki 13 unit hunian lengkap dengan meubelair,” ujarnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment