Kereta Cepat Bakal Terintegrasi LRT dan TransJakarta

23 Maret 2023 16:00
Penulis: Mochammad Rizki, news
Kereta cepat. (Net)

Sahabat.com - Proses pembangunan Stasiun Kereta Cepat Halim terintegrasi LRT masih berlangsung hingga kini. Di samping LRT, stasiun tersebut nantinya juga akan terintegrasi dengan TransJakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirut TransJakarta Mohamad Indrayana menjelaskan, pihaknya sudah meneken kerja sama dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku pengelola stasiun itu. Nantinya di dalam area stasiun bakal dibangun halte.

"Yang pasti begini, dari KCIC saat ini sedang dalam proses, dan kita pun sudah ada MoU kesepakatan untuk dari pihak mereka akan membangun halte di dalam area stasiun ini," ujar Indrayana, Kamis (23/3/2023).

Dia menjelaskan, hingga kini pihaknya masih melakukan kajian terkait rute yang nantinya akan melayani ke Stasiun Halim. Pihaknya telah menyiapkan desain untuk mengintegrasikan moda transportasi tersebut.

"Masih (dikaji). Karena di sini kan rutenya masih kita kaji nih, apakah akses ke tol terus kemudian ada akses ke DI Panjaitan tadi, kemudian next katanya akan ada akses ke Kalimalang, nah itu nanti akan kita bicarakan tentunya," kata dia.

Indrayana menjelaskan, pengintegrasian itu bukan tanpa alasan. Sebab, lanjutnya, TransJakarta bertugas melayani masyarakat yang bermobilitas di Jakarta. Karena itu, kata dia, salah satu fungsi yang terpenting adalah integrasi.

"Jadi moda yang berbasis rel itu kan pasti jumlah pelanggannya akan banyak pada waktu yang bersamaan. Tentunya mereka juga butuh akses bagaimana pelanggan TransJakarta yang mau naik ke sini juga bisa cepat sampai ke stasiun kereta cepat KCIC ini, maupun nanti pelanggan KCIC untuk segera bisa keluar dari stasiun ini," tandasnya. 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment