Komisi VIII DPR: Biaya Haji Maksimal Rp 49 Juta

14 Februari 2023 14:51
Penulis: Mochammad Rizki, news
Ibadah haji. (Net)

Sahabat.com - Komisi VIII DPR mengungkap rapat dengar pendapat dengan Kementerian Agama (Kemenag) mengenai biaya haji 2023 masih buntu. Walau begitu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Marwan Dasopang memastikan angka biaya haji yang ditanggung jemaah saat ini jadi Rp 49 juta.

"Kami di Panja Komisi VIII tentang haji belum menemukan kata sepakat dengan pemerintah terkait dengan besaran item-item yang muncul dari pembiayaan haji kita. Kalau dari sisi pencapaian untuk penurunan BPIH, kita sudah sampai di titik maksimal. Demikian juga dengan bipih yang menjadi beban jamaah, sudah sampai di titik maksimal," ujar Marwan usai rapat dengan Kemenag di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Marwan menjelaskan, sejauh ini besaran BPIH sudah dikurangi sampai angka Rp 90,2 juta. Di samping itu, kata dia, besaran bipih sudah dikurangi sampai angka Rp 49 juta.

"Dari usulan pemerintah besaran BPIH Rp 98,8 juta, kita sudah bisa mendapatkan angka sampai Rp 90,2 juta. Kemudian BPIH yang pemerintah mengusulkan besaran Rp 69 juta, kita sudah sampai di angka Rp 49 juta," tuturnya.

Marwan mengatakan anggota panja Komisi VIII DPR sejauh ini sudah sepakat dan akan memperjuangkan angka itu. Namun, dia mengatakan masih ada 3 komponen yang masih bisa dikurangi, yakni perhotelan, masyair, dan katering.

"Kami kira para anggota Panja itu sudah bersepakat. Tetapi di sisi lain masih ada yang dianggap masih bisa dikoordinasikan untuk menurunkan harga," kata dia.

Pengumuman biaya haji 2023 yang sebelumnya direncanakan malam ini ditunda. Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama (Kemenag) akan mengumumkan biaya haji besok.

"Jadi Panja Komisi VIII sudah maraton hampir dua minggu terakhir. Insyaallah malam ini akan puncak dari segala pembahasan yang memang sangat menjadi perhatian publik dengan usulan pemerintah yang Rp 69 juta. Insyaallah itu akan jauh di bawah Rp 69 juta," kata anggota Komisi VIII DPR Yandri Susanto.

Yandri mengatakan malam ini pembahasan haji baru akan disimpulkan sampai tingkat panja. Dia menyebutkan hasil panja akan disampaikan ke Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas besok untuk segera ditetapkan.

"Malam ini baru akan disimpulkan di tingkat panja dan kemungkinan akan diumumkan secara resmi besok dalam rapat kerja dengan Menteri Agama," ucapnya.

Meski demikian, Yandri menekankan malam ini sudah akan ada titik temu soal biaya haji. Dia memastikan biaya haji yang ditanggung jemaah pasti di bawah Rp 50 juta.

"Jadi insyaallah malam ini sudah ada titik temu, Kementerian Agama, BPKH, termasuk pihak penerbangan dan Panja Komisi VIII itu akan ada titik temu Insyaallah. Tapi resminya mungkin insyaallah besok," ujar dia.

"Nanti diumumkan secara resmi tapi pasti di bawah angka 50 juta insyaallah," imbuhnya. 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment