Komitmen Heru Budi, Implementasikan Antikorupsi di Dunia Pendidikan

06 Februari 2024 15:31
Penulis: Adiantoro, news
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berkomitmen mengimplementasikan antikorupsi di dunia pendidikan. (Pemprov DKI Jakarta)

Sahabat.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen mengimplementasikan pendidikan antikorupsi di DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Implementasi Pendidikan Antikorupsi di Lingkungan Pemerintah Daerah di Ruang Sasana Bhakti Praja, Gedung C, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat (Jakpus), pada Selasa (6/2/2024). 

Dalam pelaksanaannya, kata dia, Pemprov DKI Jakarta melaksanakan berbagai program bersama KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), seperti pengukuhan dan penyematan duta keluarga berintegritas dan penyuluh antikorupsi, pembentukan komite advokasi daerah antikorupsi Pemprov DKI Jakarta, serta peluncuran dan road show bus antikorupsi ke berbagai sekolah.

"Dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, dunia pendidikan berperan penting dan strategis dalam menciptakan pribadi unggul, berkarakter, dan berintegritas. Untuk itu budaya antikorupsi sangat penting ditanamkan sejak dini, demi menyiapkan generasi penerus untuk membangun Indonesia," ujar Heru Budi dalam keterangannya, dikutip Selasa (6/2/2024).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, melalui Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 132 Tahun 2019, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen mengimplementasikan penyelenggaraan pendidikan antikorupsi pada satuan pendidikan, Aparatur Sipil Negara (ASN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan masyarakat penerima hibah atau bantuan dari Pemprov DKI Jakarta. 

"Pendidikan antikorupsi di satuan pendidikan dilakukan melalui kegiatan pembiasaan, penyampaian materi dalam materi pelajaran, dan pemberian contoh keteladanan di lingkungan sekolah," urainya. 

Dalam kesempatan itu, Heru Budi mengapresiasi Kementerian Dalam Negeri dan KPK yang terus mengawal upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di seluruh Indonesia. 

Dia berharap, nilai-nilai antikorupsi dapat membudaya dalam kehidupan masyarakat.

"Sinergi ini agar bisa terus terjalin kuat sebagai wujud komitmen bersama untuk memberantas korupsi di Indonesia. Kami berharap KPK dapat memberikan dukungan terhadap Pemprov DKI untuk mengimplementasikan nilai antikorupsi," tukasnya.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment