KPU DKI Gelar Pelantikan Serentak Anggota KPPS Pemilu 2024

25 Januari 2024 22:42
Penulis: Supriyanto, news
Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata. (foto: KPU DKI)

Sahabat.com - Sebanyak 215.362 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Provinsi DKI Jakarta resmi dilantik serentak pada Kamis (25/1).

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata yang hadir di Gelora Sunter Jakarta Utara membacakan sambutan Ketua KPU RI Hasyim Asyari yang berpesan agar Anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan Perundang-undangan, kode etik penyelenggara Pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan.

“Setelah pelantikan ini KPPS akan mengikuti bimtek agar dalam melaksanakan tugas di hari H pemungutan suara memiliki keterampilan yang memadai” kata Wahyu Dinata. 

Pelantikan secara serentak ini mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk tiga kategori rekor, yaitu:

  1. Pelantikan secara serentak anggota penyelenggara Pemilu terbanyak;
  2. Bimbingan Teknis secara serentak kepada anggota penyelenggara Pemilu terbanyak; dan 
  3. Penanaman bibit pohon terbanyak secara serentak oleh anggota penyelenggara Pemilu terbanyak.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah/janji diawali dengan pembacaan ikrar dan penandatanganan Berita Acara sumpah/janji secara simbolis dan dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas secara simbolis.

Pelantikan pada hari ini juga ditandai dengan penanaman bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment