KPU Sudah Tetapkan 11 Panelis Debat Pertama Pilpres

09 Desember 2023 20:03
Penulis: Ramses Manurung, news
Gedung KPU Jakarta/ist

Sahabat.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 11 nama panelis untuk debat perdana calon presiden dan wakil presiden yang akan digelar pada Selasa (12/12).

Ke-11 panelis dinilai merupakan sosok yang kompeten di bidangnya. Mereka merupakan akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri di tanah air.  

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi yang akan menjadi panelis untuk debat yang pertama," kata Komisioner KPU August Mellaz, Sabtu (9/12).

Nama-nama itu antara lain Mada Sukmajati (pakar ilmu politik UGM), Rudi Rohi (pakar Ilmu politik Universitas Nusa Cendana Kupang/Undana), Lita Tyesta (ahli hukum tata negara Unversitas Dipenogoro/Undip), dan Khairul Fahmi (pakar hukum Universitas Andalas/Unand);

Baca juga: Ini Dia Dua Moderator Debat Pertama Pilpres 2024

Agus Riewanto (pakar hukum tata negara Universitas Sebelas Maret Surakarta/UNS), Susi Dwi Harijanti (pakar hukum tata negara Universitas Padjadjaran/Unpad), Bayu Dwi Anggono (Guru Besar Hukum di Universitas Jember/Unej).

Ada pula Ketua Komnas HAM periode 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik, Al Makin (Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga), Gun Gun Heryanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dan Wawan Mas'udi (Dekan Fisipol UGM).

Seluruh panelis, akan menjalani karantina mulai Minggu (10/12) sampai hari berlangsungnya debat di Jakarta. Mereka pun akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan.

Tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment