Kurangi Emisi, Heru Budi Minta Semua Pihak Gencarkan Penghijauan Kawasan

19 Mei 2023 07:01
Penulis: Adiantoro, news
Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono hadir dalam salah satu kegiatan penanaman di lahan kosong di bawah tol Becakayu, Duren Sawit, Jakarta Timur (Jaktim), Jumat (19/5/2023). (Istimewa/PPID DKI Jakarta)

Sahabat.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya menambah kawasan penghijauan di seluruh wilayah. 

Melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Pemprov DKI Jakarta menanam tumbuhan hijau untuk mengurangi polusi udara. Dalam salah satu kegiatan penanaman di lahan kosong di bawah tol Becakayu, Duren Sawit, Jakarta Timur (Jaktim), Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono hadir.

Dia turut menanam langsung bersama peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) serta pegawai Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi DKI Jakarta.

"Ini (penanaman) yang ketiga. Jadi, Pak Wali sama Bu Kadis minta supaya lengkap, ada pohon, tanaman cabai, sayuran, ikan. Ini yang ketiga, setelah ini nanti geser ke looping-nya Jatinegara. Terus nanti saya minta Pak Kadis (Tamhut untuk menanam) di (Jakarta) Selatan, Utara, atau Barat. Kalau tadi saya menanamnya jambu," ujar Heru Budi dalam siaran pers PPID DKI Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Menurutnya, tujuan utama kegiatan penanaman tersebut adalah untuk mengurangi emisi. "Iklim kita kan semakin panas, termasuk juga Jakarta yang harus mengejar untuk menurunkan emisi. Nanti manfaatnya bukan zaman saya, manfaatnya nanti 4-5 tahun ke depan saat pohonnya sudah tumbuh. Jadi gerakan ini bisa mengurangi emisi, bisa mengurangi panas bumi yang semakin meningkat," tambahnya.

Tak hanya itu, Heru Budi juga menganjurkan kepada seluruh petugas hingga tingkat kelurahan untuk semakin gencar menanam bibit pohon produktif di sekitar lingkungannya masing-masing. 

Sebab, ungkap dia, selain bisa berdampak untuk kelestarian lingkungan, upaya tersebut juga berguna bagi ketahanan masyarakat sekitar. Heru Budi juga mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terlibat aktif dalam melakukan penghijauan, baik di kawasan lingkungan sekitar tempat tinggal maupun di lingkungan lain yang diketahui masih kosong dan belum dimanfaatkan dengan optimal.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment