Laksanakan Salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Wapres Berpesan untuk Jaga Komitmen Kebangsaan

30 Maret 2023 04:38
Penulis: Supriyanto, news
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melaksanakan Salat Tarawih berjemaah di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Nusantaratv.com – Mengawali kegiatan kunjungan kerjanya ke Provinsi Aceh, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melaksanakan Salat Tarawih berjemaah di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jalan Moh. Jam Nomor 1, Kp. Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Rabu Malam (29/03/2023).
 
Di malam Ramadan ini, Wapres tampak hadir mengenakan baju koko putih dan sarung berwarna putih lengkap dengan peci dan masker. Ia hadir beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin beberapa saat sebelum melaksanakan Salat Isya berjemaah. Usai menunaikan ibadah Salat Isya, Wapres memberikan tausiyah kepada seluruh jemaah yang hadir, dilanjutkan dengan Salat Tarawih 20 rakaat dan ditutup Salat Witir 3 rakaat.
 
Pada kesempatan ini, dalam tausiyahnya Wapres menyampaikan pesan agar seluruh umat muslim dapat memanfaatkan momen Bulan Suci Ramadan selain sebagai momentum untuk meningkatkan ketakwaan dan kepatuhan, juga untuk memperteguh komitmen kebangsaan. 

“Menjalankan sebagai muslim kaffah (seutuhnya) itu perintah Allah [kepada Manusia]. Bagi kita, muslim kaffah adalah memegang komitmen kebangsaan sebagai bangsa Indonesia,” tutur Wapres.

Hal tersebut, lanjut Wapres, memiliki arti bahwa setiap individu menghormati seluruh kesepakatan yang telah dibuat oleh para pendiri bangsa demi persatuan Indonesia. Adapaun kesepakatan tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

“Muslim kaffah berarti kita memegang kesepakatan nasional yang telah dibangun para pendiri bangsa,” tegasnya.

“Berarti kita tidak boleh kemudian bertentangan dengan sikap bangsa Indonesia yang memiliki komitmen kebangsan,” tambah Wapres.

Oleh karena itu, melalui Bulan Ramadan ini, Wapres mengajak seluruh umat muslim untuk berkomitmen menjalankan kepatuhan-kepatuhan ini, tidak hanya di bulan puasa saja namun sepanjang masa.

“Harus kita jaga terus. Tidak hanya Ramadan tetapi juga sepanjang tahun,” pungkas Wapres.

Bertindak sebagai imam pada Salat Tarawih adalah Tgk. Jamhuri Ramli. Sedangkan bertugas mengumandangkan azan (muazin) adalah Azhari HTA dan M. Iqbal Hasan.


 
Melaksanakan salat berjemaah di Masjid Raya Baiturrahman memiliki kesan tersendiri untuk Wapres. Pasalnya, masjid yang terletak di kota serambi Mekah ini menyimpan banyak sejarah bangsa di dalamnya. Masjid ini dibangun pada 1022H/1612M di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda dari Kesultanan Aceh Darussalam. Sejak awal, Masjid Raya Baiturrahman tidak hanya diperuntukkan untuk kegiatan ibadah saja. Menurut sejarahnya, tempat ini sempat menjadi benteng pertahanan rakyat Aceh di masa perang melawan Belanda.
 
Selain itu, di tengah dahsyatnya ombak tsunami Aceh 2004, Masjid Raya Baiturrahman tetap berdiri kokoh di saat bangunan di sekitarnya hancur luluh lantak disapu ombak tsunami. Masjid ini juga menjadi tempat berlindung warga Aceh saat menyelamatkan diri dari gulungan ombak tsunami.
 
Hingga kini, Masjid Raya Baiturrahman terus menjadi sentral kegiatan umat islam di Aceh. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat salat, masjid ini memiliki berbagai fungsi lain yakni sebagai tempat pengajian, perhelatan acara besar keagamaan seperti maulid Nabi Muhammad SAW, peringatan 1 Muharram, dan menjadi salah satu destinasi wisata religi dan budaya di Aceh yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. (NN, BPMI – Setwapres)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment