Lanal Kendari Ciptakan Generasi Muda Peduli Laut

17 Februari 2023 13:44
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Komandan Lanal Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari saat menyematkan tanda peserta calon anggota Pramuka Saka Bahari, di Konawe Selatan, Jumat (17/2/2023) (ANTARA/Harianto)

Sahabat.com - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari di Sulawesi Tenggara, menciptakan generasi muda yang hendak menjadi anggota Pramuka Satuan Karya (Saka) Bahari tahun 2023, agar menjadi pemuda-pemuda yang peduli tentang kebersihan laut.

Komandan Lanal Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari di Kendari, Jumat, mengatakan pihaknya saat ini sedang menjaring 51 pelajar yang berasal dari SMAN 4 Kendari dan SMAN 8 Kendari untuk menjadi anggota Pramuka di bawah binaan Lanal Kendari.

"Kegiatan Saka Bahari ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Lanal Kendari dalam rangka merekrut Pramuka Saka Bahari. Tujuannya untuk regenerasi sekaligus menciptakan atau membentuk insan-insan Bahari serta cinta kebaharian di bidang Kepramukaan," kata Danlanal.

Lanal Kendari melakukan pelatihan kepada puluhan calon anggota Pramuka Saka Bahari di Lapangan Tembak Lalowaru, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan, milik TNI AL Kendari. Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri sejumlah Perwira Staf Lanal Kendari.

"Ini akan dilaksanakan pelatihan kurang lebih tiga hari dua malam. Adapun materi yang akan diterima oleh adik-adik yang direkrut ini adalah tentang materi kebaharian," ujar Danlanal Kendari.

Dia menyebut, Lanal Kendari akan memberikan pembinaan dengan materi latihan baris-berbaris, tali-temali, hingga bagaimana mengatasi permasalahan di hutan maupun permasalahan di laut.

Selain itu, pihaknya juga akan memperkenalkan peralatan kebaharian kepada calon anggota pramuka Saka Bahari. Termasuk memperkenalkan tentang kehidupan angkatan laut baik di darat maupun di kapal perang termasuk sistem senjata armada terpadu (SSAT).

"Output yang diharapkan akan tumbuh jiwa-jiwa semangat cinta bahari bagi anak-anak muda, karena kita tahu bersama dengan pesatnya ilmu pengetahuan serta teknologi sangat jarang sekali kita temui anak-anak muda mau cinta tentang kebaharian," tutur Danlanal.

Dia berharap ilmu yang diberikan nantinya dapat disebarluaskan minimal kepada teman-teman sekolahnya masing-masing tentang bagaimana mencintai dunia kemaritiman atau kelautan. Menurutnya, anggota Pramuka Saka Bahari juga bisa menjadi komponen cadangan matra laut.

Dia menambahkan, ke depan para pelajar yang menjadi anggota Pramuka Saka Bahari berpotensi akan keliling Indonesia dengan menumpangi kapal perang ketika dikirim untuk mengikuti perkemahan Saka Bahari se-Indonesia yang akan dilaksanakan TNI AL.

"Metodenya nanti akan dijemput per wilayah atau dikumpulkan di salah satu provinsi nanti dari Lanal Akan mengirim berapa orang. Nanti mereka akan ketemu seluruh Pramuka Saka Bahari seluruh Indonesia dari lanal-lanal, Lantamal maupun dari Armada," kata Danlanal Kendari.

Pembina Pramuka SMAN 4 Kendari Andi Yuliana mengimbau kepada siswa yang mengikuti pelatihan untuk menjadi anggota Pramuka Saka Bahari, agar bersungguh-sungguh dalam menyerap materi yang diberikan setiap jajaran Jalasena.

"Harapan kami sebagai kakak Pembina dari siswa SMA Negeri 4 Kendari, apa yang mereka dapatkan dari kegiatan ini benar-benar bermanfaat dan bisa juga di share dengan adik-adiknya di sekolah," kata Andi Yuliana.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment