Laut Banda Sulteng Diguncang Gempa M5,0, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Sula

19 Juli 2023 15:50
Penulis: Ramses Manurung, news
Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa bumi/ist

Sahabat.com-Wilayah Laut Banda, Sulawesi Tengah (Sulteng) diguncang gempa bumi berkeuatan 5,0 magnitudo. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa terjadi pada Rabu 19 Juli 2023 pukul 17.47.53 WIB.

BMKG menyebut pusat gempa berlokasi di laut pada jarak 93 Km arah Timur Laut Morowali, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km. 

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Sula.   

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike slip),” papar Daryono. 

Daryono menjelaskan gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bahodopi dan daerah Bungku dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk melintas).

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” tegasnya.

Daryono menambahkan hingga pukul 18.10 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 (satu) aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ) dengan M3,6.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

 


   

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment