Layanan Bus TransJakarta Rute Bandara Soetta Cuma Rp3.500, Dibuka untuk Umum

16 Juni 2023 15:04
Penulis: Ramses Manurung, news
TransJakarta/ist

Sahabat.com-Kabar baik bagi warga DKI Jakarta yang ingin bepergian ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyediakan layanan bus TransJakarta ke Bandara Soetta.

Tiap pelanggan disebutnya hanya perlu membayar Rp3.500 sekali perjalanan. Angka ini sama dengan tarif normal bus Transjakarta di Jakarta. Artinya, meski layanan ini dibuat untuk mengutamakan para karyawan Angkasa Pura II, pemerintah tetap memberikan subsidi.

"Iya (tetap Rp3.500)," ujar Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Jumat (16/6/2023).

Heru menyebut pihaknya tetap menggelontorkan dana subsidi karena pada dasarnya Transjakarta beroperasi untuk melayani masyarakat.

"Ya bagian dari tugasnya TransJakarta kan melayani penduduk Jakarta," pungkasnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo. Ia menyebut masyarakat juga bisa menaiki bus ke bandara bersama para karyawan AP II.

"Bus ini bukan bus karyawan ini adalah angkutan umum yang melayani ke kawasan bandara. Otomatis karyawan yang naik itu menjadi angkutan penumpang umum," ujar Syafrin, Jumat (16/6/2023).

Meski dibuka untuk umum, Syafrin menyebut layanan bus ini diutamakan bagi para karyawan AP II. Sebab, titik pengantaran di bandara bukan di terminal penumpang, melainkan logistik dan kantor AP II.

"Salah satu titik di terminal kargo dan kantor AP II itu yang menjadi titik pemberhentian bus," ucapnya, mengutip okezonecom.

Terkait tarifnya, Syafrin menyebut pihaknya masih melakukan pembahasan. Ia belum bisa memastikan tarifnya sama dengan layanan Transjakarta lainnya karena ada sejumlah pertimbangan.

"Jika tarifnya Rp3.500 tentu itu skema subsidi masuk tapi dari sisi jaringan dan sebagainya ini juga menjadi faktor penentu dan kemudian pada saat kajian sudah lengkap ini akan diumumkan," pungkasnya.

 

  

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment