Legislator: Memiskinkan Koruptor Melalui Pembahasan RUU Perampasan Aset Berikan Efek Jera

11 Mei 2023 04:06
Penulis: Adiantoro, news
Ilustrasi. Korupsi. (Shutterstock)

Sahabat.com - Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto menilai efek jera terhadap narapidana tindak pidana korupsi (Napi Tipikor) bisa dilakukan secara progresif, salah satunya melalui pembahasan RUU tentang Perampasan Aset Tindak Pidana. 

Sehingga, dia menilai, dengan adanya RUU itu dapat memperkuat sistem pemberantasan korupsi, jika dirasa sanksi yang diberikan pada para koruptor selama ini belum memberikan efek jera.

"Maka perlu langkah yang lebih progresif lagi untuk memperkuatnya, salah satunya melalui pembentukan instrumen Undang-Undang Perampasan Aset," ujar Didik dalam keterangannya di Jakarta, seperti dilansir dari laman dpr.go.id, Kamis (11/5/2023).

Didik menuturkan pembentukan UU Perampasan Aset dapat membuat koruptor kapok dan tak mengulangi tindak pidana itu lagi. 

"Memiskinkan koruptor melalui perampasan aset hasil tindak pidana dan memaksimalkan pemberantasan korupsi melalui instrumen hukum saat ini, saya yakin akan menahan laju korupsi, dan mudah-mudahan akan menjadi efek jera," pungkas Politisi Fraksi Partai Demokrat itu.

Karena itu, dia tak setuju jika ada wacana dari Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, yang akan menempatkan Napi Tipikor di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Dia menilai langkah tersebut bukan solusi untuk menimbulkan efek jera.

Jika konsep efek jera yang dituju, maka untuk jangka panjang menempatkan napi korupsi di Nusakambangan, saya rasa bukanlah solusi permanennya," tuturnya.

Dalam pandangan Didik yang terpenting adalah membenahi manajemen Lapas jika dirasa kerap terjadi tindak pidana korupsi berupa pengutan liar maupun suap menyuap.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment