Legislator Minta Kemacetan di Surabaya Barat Dapat Segera Diurai

28 Februari 2023 07:30
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Ilustrasi - Petugas memantau pergerakan lalu lintas melalui tangkapan layar CCTV di Command Center Kota Surabaya. (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Sahabat.com - Anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya Josiah Michael meminta kemacetan yang kerap terjadi di Kota Surabaya bagian barat perlu diurai  dan penanganan oleh dinas perhubungan setempat.

"Kemacetan yang terjadi disepanjang jJalan HR. Muhammad dan Bukit Darmo Boulevard (Yono Suwoyo) saat ini semakin parah." kata anggora Komisi A DPRD Surabaya Josiah Michael di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, sudah saatnya di kedua ruas jalan tersebut dilakukan upaya rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Dia menjelaskan, saat ini di daerah Surabaya barat sudah mulai padat dengan hunian tetapi akses menuju ke barat tidak bertambah. Sehingga kepadatan lalu lintas ini semakin lama semakin parah. Banyak aduan dari masyarakat yang diterima olehnya, baik melalui media sosial maupun whatsapp.

"Setelah saya amati, ada beberapa titik yang menjadi sumber kemacetan, yaitu putar balik di depan sekolah Merlion, putar balik depan taman makam pahlawan Mayhend Sungkono dan perempatan patung kuda," kata Josiah yang juga ketua Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Surabaya

Josiah mengatakan, sebaiknya jalur putar balik depan Merlion dan Taman Makam Pahlawan ditutup. Selain itu perempatan patung kuda juga tidak boleh lurus ke arah Simpang Darmo Permai Selatan/Papaya begitu pula sebaliknya.

"Jadi lampu merah di perempatan itu akan semakin singkat karena hanya untuk jalur yang dari Yono Suwoyo dan SCTV. Sedangkan jika dari simpang Darmo Permai Selatan jika akan ke HR. Muhammad harus belok kekiri terlebih dahulu begitu pula yang dari HR. Muhammad harus belok kiri ke arah Yono Suwoyo," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, pelanggaran lalu lintas oleh pemotor juga kerap terjadi dan dilakukan di pertigaan Unesa-Yono Suwoyo. Selain rawan terjadinya kecelakaan, kata dia, juga menyebabkan terjadinya kemacetan karena saling trombol antara pemotor yang nemotong jalan dengan mobil yang menyeberang masuk ke Unesa.

"Sebaiknya diberi petugas untuk titim tersebut atau kalau perlu diberi TL (traffic light/lampu lalu lintas) mengingat jalur tersebut sudah padat," ujar dia.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya menyatakan, pihaknya menerapkan sejumlah langkah strategis untuk mengurai kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi di beberapa titik, salah satunya di Surabaya Barat.

Beberapa langkah strategis yang dimaksud di antaranya penerapan sensor CCTV Surabaya Intelligent Transportation System (SITS), rencana pembangunan jalan baru, mengatur waktu masuk antara siswa SD/SMP Negeri dan Swasta dengan waktu masuk para pekerja.

"Hingga mengkoneksikan transportasi umum di Kota Surabaya dengan daerah di sekitarnya," kata dia.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment