Legislator Sebut Ketersediaan Infrastruktur Memacu Pertumbuhan Ekonomi

15 Juli 2023 04:01
Penulis: Adiantoro, news
Ilustrasi. Ketersediaan infrastruktur memacu pertumbuhan ekonomi. (Istimewa)

Sahabat.com - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal memimpin Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI ke Provinsi Riau. 

Dalam kunjungan ini, tim meninjau langsung infrastruktur jalan, perhubungan, bendungan, dan infrastruktur lainya. Dalam rangkaian kunjungan kerja ini, Iqbal menekankan ketersediaan infrastruktur di daerah akan memacu pertumbuhan ekonomi.

"Oleh karena itu, ketersediaan infrastruktur yang baik merupakan mesin utama pendorong investasi, pemacu pertumbuhan ekonomi dan distribusi logistik, serta pemerataan hasil pembangunan demi kesejahteraan masyarakat," ujar Iqbal di Kantor Gubernur Provinsi Riau, Pekanbaru, seperti dilansir dari laman dpr.go.id, Sabtu (15/7/2023)..

Dalam acara ini, turut hadir Gubernur Provinsi Riau Syamsuar dan jajarannya, beserta para kepala daerah kabupaten dan kota. Agenda ini juga menghadirkan para mitra Komisi V. 

Provinsi Riau memiliki sumber daya alam, terutama minyak bumi, gas alam, dan perkebunan yang berkontribusi besar terhadap penerimaan negara dan daerah. Namun disayangkan pembangunan infrastruktur di Riau tidak sebaik dengan sumbangan SDA kepada Pemerintah Pusat.

Iqbal mengungkapkan, Komisi V DPR RI meminta kepada Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, BMKG dan Basarnas agar dapat bergerak cepat dan berinovasi, baik dalam bentuk kebijakan dalam kewenangannya, maupun dalam bentuk program-program kerja, demi mendukung konektivitas, ketahanan pangan, keselamatan transportasi, dan pemberdayaan masyarakat perdesaan.

Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI di Provinsi Riau ini dilakukan dalam rangka mengawasi pelaksanaan pembangunan yang telah dan akan dilakukan oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, BMKG dan Basarnas.

"Selain itu, kami juga akan menyerap aspirasi dari Pemerintah Provinsi Riau terkait pembangunan infrastruktur dan perhubungan yang pembayarannya melalui APBN," tukas Politisi dari Fraksi PPP ini. 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment