Libur Nataru, Malioboro Masih Jadi Destinasi Favorit Wisatawan

25 Desember 2023 18:03
Penulis: Adiantoro, news
Kawasan Malioboro termasuk yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di luar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Sahabat.com - Kawasan Malioboro masih menjadi destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), kawasan Malioboro termasuk yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di luar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dengan berbagai daya tariknya, wisatawan bisa mengunjungi sejumlah lokasi ikonik, mulai dari aktivitas berswafoto hingga berbelanja oleh-oleh khas Yogyakrta seperti di Teras Malioboro maupun Pasar Beringharjo.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa mengunjungi sejumlah destinasi sejarah dan budaya. Terdapat Benteng Vredeburg, Museum Sonobudoyo, Kraton Yogyakarta maupun Museum Kereta Kraton Yogyakarta, dan Taman Sari.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati moda transportasi tradisional yang menjadi ciri khas kota Yogyakarta di antaranya andong dan becak.

Salah satu wisatawan asal Jakarta, Tina, mengaku dirinya bersama keluarga selalu mengunjungi Malioboro setiap ada kesempatan libur hari besar nasional.

"Saya kalau liburan bersama keluarga selalu menyempatkan untuk mengunjungi Yogyakarta, terutama Malioboro. Karena di kawasan ini lengkap mulai dari wisata sejarah seperti Benteng Vredeburg dan Keraton Yogyakarta. Dan kalau mau wisata belanja ada toko di sepanjang jalan Malioboro, Pasar Beringharjo, atau Teras Malioboro," ujar Tina.

Dia menambahkan, untuk wisata kuliner di Kota Yogyakarta juga terbilang lengkap, terlebih harganya sangat ramah di kantong.

"Mau makan tradisional sambil lesehan atau makanan lainnya juga lengkap. Tergantung pilihan. Mungkin yang sulit itu kalau nyari hotel, apalagi ini musim libur Natal dan Tahun Baru. Hampir semua hotel sudah penuh. Tapi Alhamdulillah saya bisa dapat hotel juga di dekat Malioboro. Mungkin kalau masa-masa liburan seperti ini harus pesan hotel dari jauh-jauh hari," tukasnya.

Hal senada diungkapkan Siti Andjani. Dia lebih memilih liburan ke Yogyakarta, terutama Malioboro karena suasananya yang berbeda dengan kota-kota lainnya.

"Nggak tahu kenapa, saya senang aja kalau liburan di Yogyakarta, mungkin salah satunya adalah suasananya. Apalagi di sepanjang Malioboro sudah tidak ada orang yang dagang di emperan toko, sehingga lebih nyaman kalau jalan-jalan di sini. Tapi memang kalau musim liburan seperti ini Malioboro selalu ramai, apalagi anak sekolah juga lagi libur," imbuhnya.

Kawasan Malioboro memang menjadi magnet bagi wisatawan, tidak hanya bagi mereka yang sengaja berkunjung dan menikmati suasananya, tapi juga bagi pengunjung yang sekadar melintas.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment