Lokasi Heli Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Tebing Terjal

20 Februari 2023 11:01
Penulis: Mochammad Rizki, news
Proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono. (Net)

Sahabat.com - Tim search and rescue (SAR) gabungan Polri tengah mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono serta tujuh korban jatuhnya helikopter Polri di Hutan Kerinci, Jambi. Polri mengatakan lokasi jatuhnya helikopter merupakan tebing yang terjal.

"Karena lokasi tempat mendarat daruratnya heli itu adalah berupa tebing yang terjal," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Senin (20/2/2023).

Dedi menjelaskan titik jatuhnya helikopter yang mengangkut Irjen Rusdi memang sulit dijangkau jika melalui jalan darat. Dedi menyebut butuh waktu setengah hari untuk sampai ke titik jatuhnya helikopter Kapolda Jambi jika berangkat via darat dari Merangin ataupun Kerinci.

"Kalau jalur darat, waktu tempuh dari Kerinci maupun Merangin ke TKP ini sangat panjang, hampir sekitar kurang lebih 12 jam. Itupun belum membawa perbekalan, kalau tidak bawa perbekalan, akan lebih lama lagi untuk bisa mencapai titik," kata dia.

Lebih lanjut, eks Kapolda Kalimantan Tengah ini menyebutkan proses evakuasi Irjen Rusdi dan rombongan diutamakan melalui jalur udara. Dedi menyampaikan evakuasi via udara adalah cara paling efisien.

"Tapi yang perlu saya sampaikan, utama kita evakuasi melalui jalur udara. Karena jalur udara kita anggap paling efektif, efisien untuk mempercepat proses evakuasi korban," jelas dia.

Sebelumnya, tim SAR gabungan telah berhasil turun di hutan Kerinci, lokasi kecelakaan helikopter Polairud yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan. Tim masuk ke lokasi kecelakaan lewat jalur udara menggunakan helikopter.

Dari foto yang diperoleh, Senin (20/2/2023), tim SAR udara tiba di titik koordinat jatuhnya heli sekitar pukul 12.59 WIB. Tim SAR turun menggunakan tali dan langsung bergerak menuju para korban.

Informasinya, ada 5 orang personel SAR gabungan yang turun dari heli. Masing-masing 2 orang personel Brimob, 1 orang personel Basarnas dan 2 orang personel Dokpol. Mereka diterjunkan untuk memberikan bantuan pengobatan awal, serta membuka area hutan untuk persiapan landing area.

Rencananya seluruh korban kecelakaan heli ini, termasuk Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, akan dievakuasi lewat jalur udara menggunakan heli. Cara ini dinilai paling cepat dan memungkinkan mengingat jalur darat sangat sulit ditembus dan memakan waktu lama.

Dari foto yang diperoleh, tampak personel Brimob telah mencapai lokasi Irjen Rusdi dkk. Tampak Irjen Rusdi terbaring lemah ditutupi selimut. Di dekatnya terlihat Koorspri Kompol Ayani yang kepalanya tampak dibalut kain putih karena terluka.

Irjen Rusdi sendiri dikabarkan mengalami patah tulang pada bagian tangannya akibat insiden ini.

Di samping Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, dalam kecelakaan helikopter ini ada 7 orang korban lainnya. Berikut daftarnya:

1. Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono
2. Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira
3. Dir Polair Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan
4. Koorspripim Kompol Ayani
5. ADC Kapolda Jambi Briptu Muhardi Aditya
6. Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap
7. Copilot AKP Amos Freddy P Sitompul
8. Mekanik Aipda Susilo

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment