LRT Jabodebek Beroperasi 26 Agustus 2023, Jokowi Tekankan Pentingnya Keamanan dan Keselamatan Masyarakat

10 Agustus 2023 09:30
Penulis: Ramses Manurung, news
LRT Jabodebek/ist

Sahabat.com-LRT Jabodebek direncanakan akan mulai beroperasi  pada 26 Agustus 2023.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo usai menjajal LRT Jabodebek bersama sejumlah influencer pada Kamis (10/8/2023) pagi.

Jokowi menyampaikan uji coba kali ini kembali dilakukan dalam rangka penyesuaian sistem sebelumnya.

Ia kembali menekankan pentingnya keamanan dan keselamatan masyarakat dalam pengoperasian moda transportasi massal, termasuk LRT.

"Dan yang paling penting diutamakan keamanan dan keselamatan. Kemungkinan Insya Allah 26 Agustus (dioperasikan)," kata Jokowi. 

Ditempat yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan sebelum dioperasikan pada 26 Agustus 2023, pihaknya memiliki target untuk uji operasional dapat segera terlaksana.

"Target terdekat kami, proses uji coba operasional dapat segera dilaksanakan kembali untuk mendapatkan masukan kembali dari masyarakat,” ujar Budi Karya.

Terpisah, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan bahwa uji coba operasional tersebut akan dilaksanakan bagi masyarakat luas.

"Karena tidak ada kata terbatas, artinya untuk masyarakat luas," katanya, mengutip okezonecom.

Menhub menambahkan, saat ini yang tengah disempurnakan adalah lebih terkait aspek kenyamanan yaitu akselerasi dan pengereman.

Diharapkan ketika sudah dioperasikan nanti akan semakin memberikan kenyamanan bagi pengguna LRT Jabodebek.

“Saat ini sedang dilakukan pemutakhiran software persinyalan terbaru yang dapat meningkatkan kenyamanan di dalam kereta. Juga penyempurnaan software sarana atau TCU (Traction Control Unit) yang dapat meningkatkan keselarasan dengan prasarana," katanya.

 

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment