Menteri Bintang: Rumah SAPA Untuk Korban Kekerasan dan TPPO

14 Februari 2023 13:39
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga saat meninjau Rumah Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (14/2/2023). (ANTARA/HO-Kemen PPPA)

Sahabat.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengatakan Rumah Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) di Bekasi, Jawa Barat, akan segera dimanfaatkan sebagai rumah tinggal sementara bagi perempuan dan anak korban kekerasan, termasuk korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

"Hari ini saya dan jajaran KemenPPPA melakukan peninjauan Rumah SAPA yang akan segera kami resmikan. Sarana dan prasarana di Rumah SAPA ini sudah lengkap dan siap untuk digunakan," ujar Menteri Bintang Puspayoga dalam keterangan, Jakarta, Selasa.

Keberadaan Rumah SAPA ini merupakan prakarsa dari KemenPPPA.

Bintang Puspayoga mengatakan Rumah SAPA juga didukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai wujud komitmen negara dalam memberikan perlindungan serta pemenuhan hak korban kekerasan secara lebih optimal, menyeluruh, dan satu pintu.

"Pembangunan Rumah Aman ini akan memperkuat fungsi penyediaan layanan rujukan akhir bagi perempuan korban kekerasan dan anak yang memerlukan perlindungan khusus sebagaimana diamanahkan Presiden RI kepada KemenPPPA sejak 2020," tutur Menteri Bintang Puspayoga.

Rumah SAPA di antaranya menyediakan ruang layanan trauma, ruang medis, ruang laktasi, ruang bermain, kamar tidur klien, kamar tidur pendamping, dan beberapa ruangan lainnya.

"Kami berharap Rumah SAPA dapat memberikan pelayanan yang komprehensif. Di sini kami menyediakan ruang tidur bagi korban disabilitas. Selain itu, kami juga memberikan akomodasi bagi pendamping korban," kata Bintang.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment