Momen Dramatis Pilot Heli SAR Minta ke Kapolda Jambi Bertahan

20 Februari 2023 07:18
Penulis: Mochammad Rizki, news
Upaya evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono.

Sahabat.com - Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dalam kondisi terbaring di tengah lebatnya hutan Kerinci usai helikopter yang ditumpanginya jatuh. Posisi Rusdi dan rombongan telah diketahui, namun situasi masih belum memungkinkan untuk evakuasi.

Tim SAR yang menggunakan helikopter lantas mendistribusikan logistik terlebih dahulu agar Rusdi dan rombongan tak kekurangan bahan makanan sebelum nantinya dievakuasi. Dari video yang didapat wartawan, Senin (20/2/2023), terlihat momen-momen dramatis ketika tim SAR berkomunikasi dengan Rusdi.

Dalam video berdurasi 1 menit 9 detik, terlihat kru helikopter Polri mendistribusikan logistik berupa bahan-bahan makanan yang dikemas dalam bentuk kotak ke arah titik keberadaan Rusdi dan rombongan. Tim SAR meminta Rusdi bertahan.

"Mohon izin, bertahan, Jenderal. Hati-hati ranting pohon bisa patah kena angin heli. Mohon diantisipasi ranting pohon, dahan pohon bisa kena angin heli," kata pilot helikopter Polri itu.

Usai melakukan distribusi bahan makanan, kru helikopter ini kembali ke Jambi. Pilot berkali-kali meminta Irjen Rusdi untuk bertahan.

"Mohon izin, Jenderal, kami kembali ke Jambi, Jenderal. Bertahan, jenderal, komandan, mohon izin," seru pilot heli itu lagi.

Diketahui, evakuasi via udara rombongan helikopter Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang jatuh di hutan Kerinci, Jambi, belum bisa dilakukan. Sebab, kondisi perbukitan di lokasi dalam kabut tebal.

"Dari udara itu sekitar jam 09.00 WIB, itu tim sudah sampai udara sekitar lokasi. Tim mengalami kendala kabut yang cukup besar dan tebal sehingga kita tidak bisa lakukan hovering di lokasi tersebut," ujar Humas Basarnas Jambi, Lutfi, Senin (20/2/2023).

Dengan kondisi kabut tersebut, tim SAR dalam helikopter tersebut kembali ke Bangko, Merangin. Mereka sekaligus melakukan pengisian bahan bakar. Sementara itu, tim SAR yang melalui jalur darat sedang mendekat.

"Tim dari darat itu terdengar suara. Kemungkinan jarak sudah dekat 300 sampai 500 meter. Kita masih menunggu informasi selanjutnya," kata dia. 

Sebelumnya, tim SAR gabungan telah berhasil menemukan titik koordinat lokasi rombongan Kapolda Jambi. Polisi telah menurunkan logistik kepada para korban, namun belum bisa dilakukan evakuasi.

"Tadi pada pukul 06.50 helikopter bantuan Polda Sumsel telah berhasil menurunkan logistik di lokasi. Logistik itu berupa makanan, minuman, selimut, dan power bank," tambahnya." kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto, Senin (20/2/2023) pagi.

Kombes Mulia memastikan 8 korban termasuk kru dan penumpang dalam kondisi sadar.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment