Monitor Upaya Evakuasi Irjen Rusdi Dkk, Kapolri: Mohon Doa Masyarakat

20 Februari 2023 10:27
Penulis: Mochammad Rizki, news
Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dalam kondisi terbaring di tengah lebatnya hutan. (Net)

Sahabat.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan, dirinya terus memonitor perkembangan evakuasi korban kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan. Ia memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat agar proses evakuasi berjalan lancar.

Pernyataan ini disampaikan Sigit melalui akun Instagramnya @listyosigitprabowo seperti dilihat Senin (20/2/2023). Sigit mengunggah potongan video upaya tim SAR gabungan mengevakuasi seluruh korban dari lokasi kecelakaan di hutan Kerinci.

"Saya akan terus memonitor perkembangan evakuasi korban serta kami mohon do'a dan dukungan dari seluruh masyarakat," tulis Sigit.

Dia mengatakan, sejauh ini ada sejumlah personel Brimob, Dokkes dan Basarnas yang berhasil mendarat di lokasi kecelakaan. Mereka sudah melakukan penanganan kesehatan awal kepada seluruh korban dan sesegera mungkin untuk dilakukan upaya evakuasi.

Sigit pun mengapresiasi seluruh pihak, dan tim SAR gabungan yang mencurahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk mengevakuasi para korban. Ia memohon doa dari seluruh masyarakat agar upaya evakuasi ini bisa berlangsung dengan lancar.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap personel di lapangan maupun elemen masyarakat lainnya yang sedang bertugas untuk melakukan upaya-upaya evakuasi korban emergency landing rombongan Kapolda Jambi di Wilayah Kab Kerinci - Jambi," tutur Sigit.

Informasi terakhir, proses evakuasi sejauh ini belum bisa dilakukan. Cuaca di lokasi dilaporkan hujan dan berkabut sehingga jarak pandang belum memungkinkan untuk dilakukan evakuasi.

Sebelumnya, tim SAR gabungan telah berhasil turun di hutan Kerinci, lokasi kecelakaan helikopter Polairud yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan. Tim masuk ke lokasi kecelakaan lewat jalur udara menggunakan helikopter.

Dari foto yang diperoleh wartawan, Senin (20/2/2023), tim SAR udara tiba di titik koordinat jatuhnya heli sekitar pukul 12.59 WIB. Tim SAR turun menggunakan tali dan langsung bergerak menuju para korban.

Informasinya, ada 5 orang personel SAR gabungan yang turun dari heli. Masing-masing 2 orang personel Brimob, 1 orang personel Basarnas dan 2 orang personel Dokpol. Mereka diterjunkan untuk memberikan bantuan pengobatan awal, serta membuka area hutan untuk persiapan landing area.

Rencananya seluruh korban kecelakaan heli ini, termasuk Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, akan dievakuasi lewat jalur udara menggunakan heli. Cara ini dinilai paling cepat dan memungkinkan mengingat jalur darat sangat sulit ditembus dan memakan waktu lama.

Dari foto yang diperoleh, terlihat personel Brimob telah mencapai lokasi Irjen Rusdi dkk. Tampak Irjen Rusdi terbaring lemah ditutupi selimut. Di dekatnya terlihat Koorspri Kompol Ayani yang kepalanya tampak dibalut kain putih karena terluka.

Irjen Rusdi sendiri dikabarkan mengalami patah tulang pada bagian tangannya akibat insiden ini.

Di samping Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, dalam kecelakaan helikopter ini ada 7 orang korban lainnya. Berikut daftarnya:

1. Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono
2. Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira
3. Dir Polair Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan
4. Koorspripim Kompol Ayani
5. ADC Kapolda Jambi Briptu Muhardi Aditya
6. Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap
7. Copilot AKP Amos Freddy P Sitompul
8. Mekanik Aipda Susilo

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment