Nasabah Laporkan CIMB Niaga Auto Finance ke Polisi

26 Desember 2023 21:56
Penulis: Arfa Gandhi, news
Nasabah Laporkan CIMB Niaga Auto Finance ke Polisi

Sahabat.com - Nasabah CIMB Niaga Auto Finance Agung Dwi Firmansyah merasa kecewa dengan kedatangan  seorang Pria yang mengaku Karyawan dengan memakai Id Card Bank CIMB Niaga  atas nama MRT.

Kedatangan orang tersebut,  lanjut Agung menjelaskan  didapat dari Asisten Rumah Tangga (ART) dan istri nya yang saat itu berada di rumah. Anehnya kedatangan  Pria  tersebut yang memasuki pekarangan tanpa seijin pemilik rumah tujuannya untuk menagih angsuran angkat kredit. Padahal angsuran cicilan kredit itu telah dibayar olehnya meskipun kata Agung ada keterlambatan bayar selama kurang lebih 10 Jam.

Dijelaskan Agung keterlambatan pembayaran cicilan ke dua bukan dikarenakan tidak ada uang, melainkan ada beberapa pekerjaan  dan kesibukan dirinya saat itu sehingga Ia lupa. Agung mengatakan cicilan kedua seharusnya di bayar ke pihak CIMB  dengan batas jatuh tempo pada 30 Oktober Jam 12 Malam.

"Saya lupa karena ada beberapa pekerjaan yang  harus diselesaikan. Realisasi pembayaran cicilan ke dua dilakukan pada tanggal 31 Oktober jam 10.30 pagi jadi saya terlambat sekira 10 jam," beber Agung dalam keterangan pers,  di Tangerang, Kamis (21/12/2023).

Usai melakukan pembayaran cicilan kredit,  di saat dirinya ada kegiatan kerja (meeting)  di kantor, Ia ditelepon istri  dari rumah  dengan kepanikan dan ketakutan.

"Saya sedang berada di kantor, istri dengan ketakutan menelpon saya  memberitahukan   ada seseorang datang  menagih sejumlah uang padahal saya sudah melakukan pembayaran meski terlambat 10 jam," sebutnya.

Agung  juga mengungkapkan  setelah  dirinya menemui orang tersebut yang mengaku karyawan Bank CIMB Niaga dengan memakai Id Card, ia curiga bahwa Id Card CIMB Niaga di duga palsu.

Ironisnya, kata Agung  baru kali ini ada leasing  di mana konsumen atau nasabahnya yang terlambat bayar hanya beberapa jam sudah didatangi  kerumah dan melihat unit kendaraan yang digadaikan dengan jaminan BPKB.

"Seharusnya hanya mengingatkan saja tidak perlu datang," tukas Agung yang juga Dirut PT. AS Berjaya

Dari permasalah penagihan yang tidak menyenangkan ini, bisa juga disebut masuk dalam pasal undang-undang perlindungan konsumen. 

Kemudian, ada beberapa kejanggalan yang dilakukan pihak CIMB Niaga Auto Finance. Agung menyebut bahwa Ia  merupakan  salah satu konsumen atau nasabah dari CIMB tersebut.  Beberapa Kejanggalan  yang terkesan merugikan, Ia membuat Laporan  resmi ke pihak Polisi  pada tanggal 10 November  2023. LP/B/1537/XI/2023/SPKT/Polres Metro Tangerang Kota Polda Metro Jaya tanggal 10 November 2023.

Agung menjelaskan ada beberapa masalah terhadap CIMB Niaga Auto Finance berawal saat Ia  melakukan pinjaman dengan basis BPKB untuk mendapatkan dana dukungan usaha  teken kontrak tanggal 28 September 202  secara elektronik.

"Anehnya saya tidak melakukan  tanda tangan secara elektronik, tapi bisa dianggap sebagai tanda tangan saya oleh CIMB. Setelah saya disodorkan kontrak tanggal 28 September  via email hanya selang 2 hari pada tanggal 30 September 2023 uang sudah cair  dan masuk ke rekening saya,"ungkapnya.
 
Kemudian  dari pencairan dana pinjaman tersebut Ia tersadar saat membuat laporan resmi ke Polres Metro Tangerang dengan melampirkan bukti bukti dokumen perkara.

"Salah satu dokumen pencairan dana pinjaman ada  kekurangan atau  selisih 49.415.000 tidak masuk ke rekeningnya dari pinjaman yang disetujui.  Dengan ada nya selisih dana yang tidak masuk, tidak ada penjelasan dari  pihak CIMB Auto Finance.

Oleh karena itu,  dengan adanya permasalahan dalam kaitannya dengan undang-undang-perlindungan  konsumen dan selisih dana yang tidak masuk ke rekeningnya, pihak Kepolisian  bisa dengan segera menindaklanjuti masalah ini sesuai laporan resmi disampaikan ke penyidik Polres Metro Tangerang Kota.

"Saya berharap penyidik Polres Metro Tangerang Kota memanggil terlapor yang dalam hal ini pihak  CIMB Niaga Auto Finance untuk diperiksa supaya masalah ini menjadi terang dan terungkap," tutup Agung.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment