Natuna Buka Posko Kesehatan Gratis Bagi Pegawai Pengelola Sampah

22 Februari 2023 11:40
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Tampak petugas saat memerikasa kesehatan para petugas pengelola sampah di Ranai, Natuna, Kepri, Selasa (21/2). (ANTARA/Cherman)

Sahabat.com - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Natuna melaksanakan cek kesehatan bagi pegawai pengelola sampah dengan membuka posko kesehatan.

"Aksi cek kesehatan ini dilaksanakan DLH sebagai bagian dari upaya meningkatkan kinerja pengelolaan sampah dan lingkungan hidup," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Natuna, Ferizaldi di Natuna, Rabu.

Ia menjelaskan, cek kesehatan tersebut merupakan inisiatif pemerintah untuk memberikan perhatian lebih kepada petugas kebersihan yang setiap hari di lapangan.

"Selasa kemarin posko di lapangan bola kaki Ranai, ini merupakan program DLH untuk pertama kalinya dilakukan selama Kabupaten Natuna berdiri," ujarnya.

Kegiatan tersebut melibatkan Dinas Kesehatan setempat dalam hal ini Puskesmas Ranai, dan akan diterapkan pula kepada seluruh pegawai pengelola sampah yang berada di seluruh kecamatan.

“Jumlah pegawai pengelola sampah kita sebanyak 110 orang dan yang kita cek kesehatannya hari ini sekitar 70 orang,” kata Ferizaldi.

Ia juga mengatakan, pengecekan kesehatan dilakukan karena baru-baru ini terdapat dua orang pegawai pengelola sampah meninggal dunia dan beberapa lainnya mengalami sakit.

“Tapi bukan itu, faktor utama kita melaksanakan kegiatan ini, karena faktor utamanya tetap untuk kepentingan kinerja kerja, sehingga kalau ada yang dinyatakan sehat, mereka harus tetap bekerja. Tapi kalau ada yang dinyatakan sakit, kita obati dan kita berikan tindakan sebagaimana mestinya,” kata Ferizaldi.

Selanjutnya, kata dia kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara rutian setiap awal tahun untuk mengetahui kondisi kesehatan para pengelola sampah.

“Tapi kita tidak selamanya terikat pada jadwal, kalau ada pegawai yang sakit kita laksanakan pengecekan secara menyeluruh. Jadi kegiatan ini selain bersifat terjadwal rutin juga akan bersifat kondisional,” kata dia.

Sejauh ini, kata dia seluruh pegawai yang mengikuti cek kesehatan dinyatakan sehat oleh tim medis.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment