Natuna Upayakan 15 Tradisi di Wilayahnya Jadi Warisan Budaya Nasional

28 Februari 2023 07:25
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Pertunjukan kesenian Mendu di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. (ANTARA/Cherman)

Sahabat.com - Pemerintah Kabupaten Natuna di Provinsi Kepulauan Riau mengupayakan 15 tradisi budaya di wilayahnya ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda nasional.

"Hal tersebut dilakukan guna melindungi tradisi dan budaya asal Natuna," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Natuna Hadisun di Natuna, Selasa.

Menurut dia, tradisi dan budaya yang akan diusulkan menjadi warisan budaya tak benda nasional meliputi Tabel Mando, Tabel Aghok, Kernas, Cikung Midoi, Pedek, Silong, Makan Bedulong, Kuah Tige, Tika Paca, Giambong, Suluk Natuna, Berdah Natuna, Hadrah Natuna, Muhibah Ramadhan, dan Ngejik Kitak.

Dia mengemukakan bahwa dalam beberapa tahun belakangan upaya pengusulan tradisi Natuna menjadi warisan budaya tak benda nasional terkendala, antara lain karena ada pengalihan anggaran untuk penanggulangan pandemi COVID-19.

"Tahun lalu kita juga menargetkan 15 warisan tradisi/budaya asal Natuna tersebut tercatat di sistem nasional, namun gagal akibat refocusing anggaran," kata Hadisun.

Ia menjelaskan bahwa pengusulan penetapan warisan budaya tak benda nasional membutuhkan dukungan kajian akademik, dokumentasi, pementasan, wawancara ahli, hingga penyiapan dokumen pendukung, yang semuanya membutuhkan biaya.

"Saat ini upaya itu terus kita lakukan. Meskipun minim anggaran, setidaknya ada beberapa kegiatan bisa dilakukan dengan cara melibatkan komunitas," katanya.

Dia mengatakan bahwa ada empat warisan budaya tak benda Kabupaten Natuna yang tercatat sebagai warisan budaya tak benda nasional selama kurun 2010 hingga 2021, yakni pemainan gasing (2010), Mendu (2014), Langlang Buana (2016), dan Betingkah Alu Selesung (2021).

Penetapan tradisi dan budaya daerah sebagai warisan budaya tak benda nasional berimplikasi pada upaya pelindungan dan pelestarian tradisi dan budaya tersebut.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment