Otto Hasibuan: Kasus Jessica Momentum Perjuangan Tentang Hukum dan Profesi Advokat

10 November 2023 12:13
Penulis: Arfa Gandhi, news
Doa bersama dan solidaritas untuk Jessica Kumala Wongso

Sahabat.com - Prof. Dr. Otto Hasibuan S.H., M.M. bersama para advokat Indonesia menggelar doa bersama dan solidaritas untuk Jessica Kumala Wongso di Grand Sahid Jaya, Jumat (10/11/2023).

Pada cara ini, para advokat yang hadir tampak kompak mengenakan baju berwarna hitam dan dihiasi pin bergambar Jessica Kumala Wongso.

Otto mengatakan kasus Jessica merupakan momentum sebagai perjuangan tentang hukum dan profesi advokat. Tak hanya itu saja, kasus Jessica juga memanggil setiap orang untuk menegakkan keadilan.

"Kasus Jessica memanggil kita semua karena dialah simbol daripada ketidakadilan yang terjadi sekarang ini. Karena ternyata keadilan itu tidak dapat didapatkan dengan sendirinya, keadilan itu tidak turun dari langit, tapi harus diperjuangkan," kata Otto Hasibuan.

Otto juga menjelaskan bahwa Indonesia tercatat sebagai negara yang tak bisa menunjukkan keadilan melalui tayangan film dokumenter berjudul 'Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso' di Netflix. Jadi pada cara ini, Ia ingin menggugah hati nurani para advokat untuk memperjuangkan keadilan dalam kasus tersebut.

Otto juga mengajak para advokat untuk bersatu menyuarakan kebenaran. Menurutnya, kasus Jessica menjadi kasus bersama untuk diperjuangkan oleh para advokat di Indonesia.

"Saya hanya ingin menggugah dan memanggil kembali para pejuang-pejuang advokat Indonesia. Mari kita berjuang kembali pada cita-cita semula, keadilan itu tidak datang dengan sendirinya, Kawan-kawan, kenyataannya harus diperjuangkan. Oleh karena itu, kalau kita tidak mulai dari sekarang, maka saya merasa profesi advokat ini akan hancur begini saja," jelas Otto Hasibuan.

Lebih lanjut Otto mengatakan, pihaknya akan mengajukan peninjauan kembali (PK) terkait kasus kematian Wayan Mirna Salihin pada kasus kopi Sianida 7 tahun lalu.

Ia juga menegaskan bahwa dalam menjalankan aksinya nanti, mulai dari acara doa bersama dan solidaritas bersama advokat tak meminta pendanaan kepada keluarga Jessica.

"Saya mengharapkan perjuangan dan kesetiaan temen-temen semua, sungguh-sungguh saya berharap ke temen-temen semua. Kita ini probono, buat acara ini pun kami tidak minta Rp 1  perak pun dari keluarga Jessica," ujarnya.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment