Panglima TNI Usulkan Doni Monardo Jadi Pahlawan Nasional

04 Desember 2023 16:28
Penulis: Mochammad Rizki, news
Doni Monardo. (Net)

Sahabat.com - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bakal mengusulkan mantan Kepala BNPB Letjen (Purn) Doni Monardo sebagai pahlawan nasional. Ini dilakukan atas jasa-jasa yang telah dilakukan Doni Monardo semasa hidupnya.

"Nanti ada itunya ya, ada aturannya nanti pasti. Di bidang personel nanti kita akan mengusulkan," kata Agus Subiyanto seusai pemakaman Doni Monardo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Senin (4/12/2023).

Ia mengatakan pihaknya akan melihat lebih dulu kriteria bagi seseorang untuk dijadikan pahlawan nasional. Di samping itu, dia menyebut tidak menutup kemungkinan nama Letjen (Purn) Doni Monardo diabadikan di sejumlah fasilitas di Mako Kopassus.

"Nanti ada kriteria yang diatur bidang personel yang mengatur nanti akan kita jelaskan kalau sudah final. Bisa-bisa aja. Beberapa gedung di Mako Kopassus dari pahlawan yang pernah berjuang membela nusa dan bangsa," jelas Agus.

"Kemarin terakhir ada yang digunakan, yaitu Putu Dani, sudah ditulis di lapangan tembak karena almarhum senang menembak," imbuhnya. 

Agus mengatakan kriteria yang dilihat untuk mengusulkan pahlawan nasional salah satunya bintang jasa yang Doni terima semasa hidup. Menurutnya, Doni juga bisa dijadikan pahlawan sebab jasanya dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Nanti seperti yang ada di dada saya ini, bintang jasa yang pernah beliau didapatkan dari negara. Sangat bisa kan ada itunya kalau menangani sesuatu untuk bangsa dan negara ada reward-nya seperti pita seperti ini, nanti bidang personel yang akan kaji," kata Agus.

Diketahui, Letjen TNI Purn Doni Monardo meninggal dunia sore kemarin. Doni Monardo tutup usia pukul 17.35 WIB, setelah sebelumnya dirawat intensif di Rumah Sakit (RS) Siloam Semanggi, Jakarta.

Berdasarkan keterangan BNPB, Minggu (3/12/2023), jenazah Letjen TNI Purn Doni Monardo dibawa dari Rumah Sakit Siloam, Semanggi Jakarta, ke rumah duka di Jalan Bukit Golf II Blok A nomor 12, Lengkong Karya, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan, pukul 21.00 WIB malam kemarin. Jenazah Doni Monardo lalu disemayamkan di Mako Kopassus Cijantung, Jakarta Timur.

Pagi ini jenazah Doni Monardo dilepas secara militer dari rumah duka ke Mako Kopassus Cijantung, dan diantar untuk dimakamkan ke TMP Kalibata.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment