Pelajar Indonesia Borong 2 Emas di Ajang Penelitan Inventors 2024 di Thailand

09 Februari 2024 11:54
Penulis: Ramses Manurung, news
Lima Tim Peneliti Muda Indonesia dari SMA Labschool Cibubur berhasil meraih dua medali emas dan tiga perak dan satu kategori penghargaan khusus dalam ajang International Intellectual Property Invention Inovation and Technology Exposition (IPITEX) atau Inventors 2024 di Thailand/Foto:Istimewa

Sahabat.com-Sebanyak lima Tim Peneliti Muda Indonesia yang terdiri dari tiga puluh pelajar SMA Labschool Cibubur sukses meraih dua medali emas dan tiga perak serta satu kategori Penghargaan Khusus dalam ajang International Intellectual Property Invention Inovation and Technology Exposition (IPITEX) di Thailand.

Ajang IPITEX yang juga dikenal dengan Thailand Inventors 2024 digelar di Bangkok, 2-6 Februari 2024. Mengkompetisikan inovasi, riset dan penemuan teknologi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Thailand di bawah Dewan Riset Nasional Thailand (NRCT).

Ajang tahunan ini diikuti sebanyak 25 negara dengan 600 karya penelitian dan penemuan. Mereka berasal dari Thailand sebagai tuan rumah, Korea Selatan, China, Taiwan, Kroasia, Polandia, Saudi Arabia, Rusia, Iran, Singapura, India, Inggris, Mesir, Jepang, Malaysia, Sudan, Kanada dan lainnya. 

Selain para peneliti muda, IPITEX 2024 juga diikuti peneliti mahasiswa, perusahaan swasta dan para peneliti dari lembaga riset negara peserta. 

SMA Labschool Cibubur sebagai salah satu peserta dari Indonesia mengirimkan 5 tim yang terbagi dalam 4 kategori penelitian dan penemuan yaitu konstruksi, teknologi, personal care dan perlindungan lingkungan hidup.

Hasilnya, Tim Fibrete yang menemukan konsentrat beton konstruksi dari abu daun bambu berhasil meraih medali emas.

 

Kemudian Tim Pureverve yang menemukan pembuatan Pomade atau jel rambut ramah lingkungan dan sehat bagi rambut berbahan kedelai hitam meraih medali emas sekaligus medali khusus.

Baca juga: Ada-ada saja! Siswa Ini Laporkan Gurunya ke Polisi Gegara Stres dengan Pelajaran

Lalu, Tim A Charm yang membuat aplikasi pengelolaan ternak ayam meraih medali perak. Tim Maple yang mempresentasikan penemuan kulit apel dan mangga untuk pembuatan kulit imitasi ramah lingkungan meraih medali perak. Dan terakhir Tim Charncorn yang mempresentasikan pemanfaatan limbah jagung untuk pewarna hitam tekstil ramah lingkungan meraih medali perak. 

Daiyandra Jusuf Rakhmanto, siswa peneliti SMA Labschool Cibubur mengaku bersyukur dapat berpartisipasi dalam ajang penelitian internasional IPITEX 2024. Terlebih Ia bersama rekan-rekannya berhasil meraih prestasi terbaik di ajang ini. 

Prestasi para peneliti muda ini disambut gembira oleh orang tua dan para guru pembimbing saat tiba di Tanah Air. 

Dona Febrianti salah seorang guru pembimbing mengatakan keikutsertaan peserta Indonesia berada di bawah Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA). 

INNOPA sebuah asosiasi yang menghubungkan  para innovator di Indonesia untuk pengembangan ide inovasi ke tingkat internasional dan berada di bawah asosiasi inovator dunia yaitu IFIA dan WIIPA. 

Wakil Kepala Sekolah SMA Labschool Cibubur Rahmat Fajar menyambung gembira dan bangga capaian yang ditorehkan para anak didiknya di ajang penelitian dan penemuan internasional di Thailand.

 


 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment