Pembangunan IKN Berdampak pada Geliat Ekonomi Masyarakat

24 Agustus 2023 03:45
Penulis: Adiantoro, news
Anggota Komisi II DPR RI A. A. Bagus Adhi Mahendra Putra saat mengikuti kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI di IKN, Rabu (23/8/2023). (Ubed/nr)

Sahabat.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini sedang fokus menyelesaikan tahapan pertama pembangunan IKN, terutama untuk persiapan upacara kenegaraan 17 Agustus 2024. 

Tahapan pertama ditargetkan pada 2022-2024 adalah pembangunan infrastruktur dasar, pemindahan aparatur sipil negara (ASN), serta personel Polri dan TNI, sehingga sejumlah instansi pemerintah dapat mulai melaksanakan tugasnya di IKN.

Menurut pemantauan Anggota Komisi II DPR RI A. A. Bagus Adhi Mahendra Putra tahap pertama pembangunan IKN tersebut telah berdampak positif bagi perkembangan perekonomian masyarakat setempat. 

Dalam kesempatan tersebut dia pun menjaring aspirasi masyarakat setempat.

"Aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat setempat sangat positif. Semenjak adanya pembangunan IKN pertumbuhan ekonomi masyarakat mulai terlihat, dari semula rumah kayu sekarang sudah banyak adanya renovasi-renovasi rumah penduduk dan geliat ekonomi masyarakat sangat terlihat," ujar Bagus usai melakukan kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI di IKN, seperti dilansir dari laman dpr.go.id, Kamis (23/8/2023).

Pembangunan IKN memberikan dampak positif bagi kegiatan perekonomian di kawasan. 

"Masyarakat yang tadinya susah lapangan pekerjaan kini sudah banyak yang mempunyai penghasilan sebagai pekerja di IKN termasuk jasa-jasa penyewaan kendaraan. Kehadiran pembangunan IKN sangat berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat," ungkap Gus Adhi sapaan akrabnya.

Kunjungan kerja Komisi II ke IKN dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung, dan disambut oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Selasa (22/8/2023). 

Komisi II menilai pembangunan IKN tahap pertama dapat diselesaikan tepat waktu dan sesuai rencana, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dapat menggelar upacara kenegaraan 17 Agustus 2024 di IKN.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment