Pemerintah Sulbar tetapkan Desa Percontohan Stunting

16 Februari 2023 01:27
Penulis: Alber Laia, news
Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Junda Maulana menetapkan Desa Tapandullu dan Kelurahan Rangas Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju sebagai percontohan penanganan dan pencegahan stunting di Mamuju, Rabu (14/2/2023) ANTARA Foto/ M Faisal Hanapi

Sahabat.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menetapkan Desa Tapandullu dan Kelurahan Rangas Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju sebagai percontohan penanganan dan pencegahan stunting.

"Upaya percepatan penurunan stunting di Sulbar terus dilakukan, salah satunya akan dilakukan dengan intervensi penurunan stunting pada desa dan kelurahan yang akan dijadikan percontohan," kata Kepala Bappeda Sulbar, Junda Maulana, di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, desa percontohan yang ditetapkan yakni Desa Tapandullu dan Kelurahan Rangas Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju, penurunan stunting di wilayah itu akan dilaksanakan dengan melibatkan kolaborasi antar lintas sektor.

Menurut dia, kolaborasi penurunan stunting desa percontohan tersebut juga dilaksanakan dengan melakukan kolaborasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten di Sulbar.

"Pencegahan dilaksanakan dengan meminimalisir stunting, berbasis data agar dapat akurat dan stunting dapat ditekan, sesuai arahan gubernur Sulbar," katanya.

Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik mengatakan, pemerintah Sulbar berupaya menurunkan angka stunting hingga mengalami "Zero stunting dan harus dilaksanakan efektif dan tepat sasaran.

Ia meminta agar program penurunan stunting di Sulbar dilaksanakan dengan berbasis data agar upaya penurunan stunting dapat diwujudkan, karena kalau program tidak dilaksanakan berbasis data maka anggaran akan terbuang percuma dan program penurunan stunting tidak berhasil.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment