Pemkab Agam Beri Hadiah Khusus Bagi Petugas Kebersihan

01 Maret 2023 09:55
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Bupati Agam Andri Warman saat membawa Piala Adipura memperlihatkan kepada masyarakat Lubukbasung Agam (ANTARA/HO).

Sahabat.com - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat bakal memberikan hadiah khusus bagi petugas kebersihan yang telah berjasa dalam meraih Piala Adipura untuk Kota Lubukbasung dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia pada 2023.
 
"Hadiah khusus itu bakal kita berikan dalam waktu dekat dan ini bentuk penghargaan yang kita berikan kepada petugas kebersihan atau yang dikenal dengan pasukan oranye," kata Bupati Agam Andri Warman di Lubukbasung, Rabu.
 
Ia mengatakan hadiah itu khusus diberikan kepada 90 orang petugas kebersihan karena mereka telah berjasa sehingga Kota Lubukbasung meraih Piala Adipura.
 
Tanpa mereka, katanya, maka Lubukbasung tidak bakal mendapatkan penghargaan tersebut.
 
"Penghargaan itu juga berkat kerja sama semua pihak dan saya berharap tahun depan juga mendapatkan penghargaan yang sama," katanya.
 
Ia mengakui, di Sumbar ada beberapa kabupaten dan kota mendapatkan penghargaan Adipura itu seperti, Kabupaten Pasaman, Tanahdatar, Pesisir Selatan, Padang Panjang, Solok dan Padang.
 
Namun kebanyakan kabupaten dan kota itu hanya mendapatkan sertifikasi Adipura.
 
"Padang Panjang sudah 15 kali mendapatkan Piala Adipura tersebut dan Agam baru perdana semenjak perpindahan ibu kota dari Bukitinggi ke Lubukbasung pada 1993," katanya.
 
Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Edi Busti menambahkan Kota Lubukbasung menjadi kota terbersih di Indonesia.
 
"Lubukbasung pernah mendapatkan sertifikat Adipura pada 2014 dan hampir 10 tahun setelah itu, baru mendapatkan Piala Adipura," katanya.
 
Ia mengatakan, penilaian Adipura itu dilakukan berbagai indikator yakni, ruang terbuka hijau, pengelolaan sampah dan lainnya.
 
Pada tahun ini, Pemkab Agam mengalokasikan dana untuk pengadaan mobil sampah.
 
"Infrastruktur terus kita benahi, agar pengelolaan sampah tersebut berjalan semakin baik," katanya.
 
Sementara itu Ketua DPRD Agam Novi Irwan mengatakan petugas kebersihan merupakan petugas yang selalu berjuang membersihkan lingkungan di Lubukbasung.
 
"Saya mengucapkan selamat atas penghargaan yang diterima dan ini membuktikan bahwa Agam maju berbagai bidang," katanya.
 
Piala Adipura itu diarak mengelilingi Kota Lubukbasung dan mendapatkan penyambutan yang luar biasa dari masyarakat dan pelajar di daerah itu.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment