Pemkab Magetan Libatkan Sejumlah OPD Genjot Sektor Pariwisata

28 Februari 2023 06:50
Penulis: Alber Laia, news
Bappeda Litbang Kabupaten Magetan dalam kegiatan Musrebang Tematik dan Pariwisata di Magetan, Senin (27/2/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Magetan

Sahabat.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur, melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menggenjot pembangunan sektor pariwisata sebagai salah satu andalan peningkatan ekonomi di daerah itu.

Kepala Bappeda Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kabupaten Magetan Elmy Kurniarto Widodo mengatakan pengembangan sektor pariwisata membutuhkan dukungan banyak pihak untuk membangun infrastruktur kepariwisataan, sehingga perlu kolaborasi OPD, antara lain, DPUPR, Dishub, Dinas Pariwisata, dan lembaga lainnya

"Keunggulan Kabupaten Magetan adalah sektor pariwisata dan pertanian, namun demikian kebutuhan mendasar kepariwisataan adalah infrastruktur. Infrastruktur ini tidak hanya pembangunan dan perbaikan jalan, namun juga termasuk jaringan telekomunikasi, internet, dan fasilitas perbankan misalnya," ujar Elmy saat memimpin kegiatan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tematik dan pariwisata di Magetan, Senin.

Oleh karena itu, kata Eko, dalam musrenbang tematik tersebut disepakati pembangunan beberapa ruas jalan menuju lokasi wisata, seperti di Randugede, Poncol, dan Kawedanan.

"Di lokasi tersebut akses jalan akan diperbaiki dan dilebarkan. Selain itu, tahun ini di kawasan Telaga Sarangan juga akan dibangun pedestrian," kata dia.

Selain penataan pedestrian, di kawasan Sarangan juga akan dilengkapi dengan fasilitas penerangan/lampu dan fasilitas keindahan lain dengan melibatkan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

Elmy menambahkan melalui kolaborasi pembangunan infrastruktur pariwisata dari sejumlah OPD, diharapkan dapat mewujudkan sasaran pada peningkatan sektor pariwisata.

"Tujuannya tak lain adalah meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan lama waktu berkunjung ke Kabupaten Magetan," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment