Pemkab Solok Prioritaskan Pembangunan Jalan Garabak Data

17 Februari 2023 08:44
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Bupati Solok Epyardi Asda melewati jalan penuh air di Nagari Garabak Data, Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Solok)

Sahabat.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat terus berupaya memprioritaskan pembangunan jalan ke Nagari Garabak Data, Kecamatan Tigo Lurah yang masih berupa jalan tanah.

Bupati Solok Epyardi Asda di Arosuka, Jumat, menjelaskan akses jalan ke Nagari Garabak Data itu baru dibuka dengan menggunakan ekskavator, dengan pengerjaan berupa pengerasan jalan yang baru mulai dilakukan.

Ia meminta pemerintah pusat melalui aspirasi Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi yang ikut menyaksikan kondisi jalan tersebut pada Senin (6/2) dalam rangka kunjungan kerja dan silaturahmi dengan masyarakat setempat, untuk membantu perbaikan akses tersebut.

Perjalanan Bupati Epyardi Asda dan rombongan ke daerah itu dalam rangka kunjungan kerja dan sekaligus silaturahim dengan masyarakat setempat sempat terhenti saat ke nagari-nagari di Kecamatan Tigo Lurah karena akses jalan tidak memadai.

“Untuk itu melalui Ibu Athari, kami meminta bantuan kepada Menteri PUPR dan Presiden untuk membantu memperbaiki jalan kami di Nagari Garabak Data dan bisa menjadikan Nagari Garabak Data ini untuk tidak terisolir lagi,” ucap dia.

Nagari Garabak Data berada di lebih kurang 720 meter di atas permukaan laut, sekarang terdiri atas tiga jorong, yaitu Garabak, Data, dan Lubuak Tareh.

Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi menyampaikan kesiapan mendukung usulan dari Pemerintah Kabupaten Solok untuk perbaikan akses jalan Nagari Garabak Data.

"Tentunya usulan tersebut sejalan dengan tujuan Bapak Presiden yang fokus untuk pembangunan di daerah 3T, yakni terpencil, terluar, dan terisolir," kata dia.

Ia juga menyampaikan bahwa bukan hanya Nagari Garabak Data tetapi semua nagari di Kecamatan Tigo Lurah akan dibantu untuk pembangunan sehingga tidak menjadi daerah 3T lagi.

“Sebagai mitra Menteri PUPR saya siap mendukung dan membantu untuk pembangunan di Kabupaten Solok,” ucap dia.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment