Pemkot Batam Raih Apresiasi Dalam PTSL-PSN dari Kementerian ATR/BPN

09 Februari 2023 10:14
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid menerima penghargaan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) (ANTARA/HO-Humas Pemkot Batam)

Sahabat.com - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau mendapatkan apresiasi atas dukungan dalam pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Program Strategis Nasional (PSN) tahun 2022 dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid mengatakan, pihaknya akan terus berupaya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama persoalan pertanahan.

"Kami menyampaikan terima kasih atas penghargaan ini. Ke depan, kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan daerah ini terus ditingkatkan demi pelayanan ke masyarakat," ujar Jefridin dalam keterangan yang diterima di Batam, Kamis.

Ia mengatakan, dukungan dari Kementerian ATR juga mempermudah masyarakat mendapatkan sertifikat tanah.

"Pemkot Batam siap menjalankan semua program pusat yang ada di Batam," ujar dia.

Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Kepri Nurhadi Putra mengatakan program PTSL sangat penting untuk legalitas tanah serta mampu mencegah terjadinya alih fungsi lahan dan mafia tanah.

"Dokumen pertanahan atau sertifikat ini sangat penting. Melalui kegiatan ini saya juga mengimbau kepada BPN se-Kepri untuk fokus dalam mencegah tindakan mafia tanah," kata dia.

la menyampaikan, saat ini Kepri sangat fokus mendukung dan menjalankan program pemerintahan, termasuk PTSL yang dinilai cukup baik dalam pencatatan dan sertifikasi tanah milik masyarakat.

"Kami berharap di tahun 2023 sinergitas antara Kanwil ATR/BPN Kepri dengan pemerintah daerah bisa lebih baik. Sebelumnya, BPN juga sudah menyelenggarakan pemasangan patok batas tanah di seluruh Indonesia," kata Nurhadi.

Diberitakan, Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli mengatakan, keberhasilan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kepulauan Riau (Kepri) berkat adanya kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah.

“Keberhasilan ini karena adanya kerja sama atau kolaborasi yang baik antara ATR/BPN dengan pemerintah daerah. Oleh karena itu tadi saya meminta kepada teman-teman ATR/BPN untuk lebih menjalin komunikasi kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah di Kepri, karena masih banyak tantangan yang harus diselesaikan,” ujar Wamen Raja Juli di Batam Kepulauan Riau.

Dia menjelaskan, beberapa tantangan program prioritas yang harus dicapai lagi kedepannya yaitu kelanjutan program penuntasan PTSL hingga penyelesaian masalah lahan yang terindikasi adanya mafia tanah.

Melalui Program PTSL yang sudah digelar sejak 2014 hingga sekarang, kata dia, sebanyak 85 juta lahan sudah tersertifikasi. Angka ini diperkirakan akan terus bertambah, sehingga pada 2024 mendatang seluruh tanah di Indonesia sudah terdaftar.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment