Pemkot Gelar Safari Ramadhan di Masjid Kota Ternate

30 Maret 2023 12:01
Penulis: Alber Laia, news
Sekkot Ternate, DR Jusuf Sunya saat menyampaikan sambutan pelaksanaan Safari Ramadhan di masjid Dufa-Dufa Kota Ternate, Kamis (30/3/2023). ANTARA/Abdul Fatah (Abdul Fatah)

Sahabat.com - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara  menggelar Safari Ramadhan melalui silaturahmi elemen masyarakat untuk menjaga kebersamaan dan menyampaikan berbagai program yang bersentuhan dengan kepentingan publik.

"Safari Ramadhan ini dipusatkan pada 10 masjid tersebar di Kota Ternate untuk menjaga ukhuwah dan silaturahmi antara Pemkot Ternate dan masyarakat dalam suasana bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah," kata Sekkot Ternate, DR Jusuf Sunya di Ternate, Kamis.

Dia menyatakan, Safari Ramadhan ini selain diisi dengan siraman rohani melalui ceramah dari sejumlah dai kondang di Ternate, tentunya merupakan wujud untuk membangun silaturahmi dan menyampaikan berbagai program pemerintah yang bersentuhan dengan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami tunjukkan bentuk kepedulian sesama manusia dalam upaya menjaga tali silaturahim terutama saat bulan suci dan momentum melalui Safari Ramadhan," kata Sekkot.

Sehingga, hubungan baik ini hanya terjadi pada kegiatan Safari Ramadan semata dan semoga lain kali ada kegiatan lagi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Apalagi, Safari Ramadhan ini bekerjasama dengan TNI/Polri, Kementerian Agama, Kejaksaan untuk bersama-sama membangun silaturahmi ke masyarakat sekaligus menyampaikan pesan-pesan religius.

Sementara itu, Safari Ramadhan dimanfaatkan berbagai perusahaan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat melalui dukungan dan bantuan kepada masyarakat setempat satu diantaranya Harita Nickel Division.

Advisor Corporate Social Responsibility (CSR) Harita Nickel Division, Said Madrowi misalnya ketika dihubungi terpisah mengatakan, bahwa ini menjadi momentum tepat bagi perusahaan dan warga desa untuk saling mendekatkan diri dan mengenal satu sama lain.

"Dalam kesempatan ini kami juga ingin mengajak masyarakat untuk sama-sama membangun kegiatan spiritual, terutama di bulan puasa, agar semakin baik dalam beribadah kepada Allah SWT," ujar Said.

Dia menegaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial dari perusahaan demi terciptanya hubungan yang kian harmonis dengan seluruh elemen masyarakat.

Safari Ramadan merupakan kegiatan yang di dalamnya termuat serangkaian acara seperti buka puasa bersama, shalat berjamaah serta ramah tamah antara perwakilan perusahaan dan warga desa. Melalui kegiatan ini, tercipta komunikasi yang lebih intens antara kedua belah pihak sehingga peluang untuk melakukan kerja sama yang saling memberdayakan pun terbuka lebar.

Dalam kesempatan ini, seorang warga Lahamina berkeinginan agar perusahaan dapat membantu warga desa dalam berbagai kegiatan, salah satunya kegiatan ibadah di masjid yang masih membutuhkan sarana pendukung.

Harapan Lahamina ternyata disambut baik oleh Harita Nickel Division. Untuk tahap awal, perusahaan segera menyediakan karpet dan menambah koleksi Al Quran yang dimiliki oleh masjid Desa Soligi dan tidak menutup kemungkinan bahwa kerja sama antara perusahaan dan pengurus masjid akan berlanjut pada hal-hal lainnya.

Pemberian semacam ini tidak hanya dilakukan di Desa Soligi, tetapi juga dilakukan di Desa Kawasi yang letaknya lebih dekat dari lokasi perusahaan.

Seperti di Desa Soligi, kegiatan Safari Ramadhan yang diadakan di Desa Kawasi juga berlangsung hangat.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment