Pemkot Jakbar Gelar Musrenbang Serentak di Delapan Kecamatan

13 Februari 2023 10:20
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Wali kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko meresmikan kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Senin (13/2/2023). ANTARA/ HO - Pemkot Jakarta Barat

Sahabat.com - Pemerintah Kota Jakarta Barat menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) serentak di delapan kecamatan pada Senin ini.

Musrenbang merupakan forum yang digunakan warga tingkat kelurahan dan kecamatan untuk membahas rencana pembangunan yang akan dilakukan tahun 2024.

"Hasil Musrenbang 2023 akan direalisasikan pada 2024 diharapkan menyerap banyak usulan warga," kata Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko saat ditemui di kantor kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Senin.

Dalam kegiatan tersebut, warga mengusulkan beragam kegiatan diantaranya perbaikan jalan di sejumlah titik, perbaikan trotoar, pembangunan taman, pengolahan lahan, hingga permintaan kuota untuk pelatihan kerja ataupun wirausaha.

Setelah usul tersebut ditampung, Yani akan membahas kembali di tingkat kota untuk seterusnya diserahkan kepada  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Berbeda dengan Musrenbang 2022 yang dilakukan secara berjenjang dari tingkat RW, lalu ke tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota, Musrenbang 2023 langsung dibahas di tingkat kecamatan. .

"Tahun ini dilakukan di tingkat kecamatan langsung guna memangkas waktu sehingga lebih cepat dan efisien dalam proses pengusulan pembangunan," kata Yani.

Yani memastikan akan terus mengawal proses musrenbang yang dilakukan serentak hari ini guna memastikan semua usulan warga bisa tertampung.

Dengan demikian, proses demokrasi dari segi pembangunan pun dapat terlaksana dengan baik di wilayah Jakarta Barat.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment