Pemkot Jakbar Tugaskan 265 PJLP Untuk Bantu Warga Manfaatkan Sampah

14 Februari 2023 09:01
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menindak atau operasi tangkap tangan (OTT) terhadap masyarakat pembuang sampah sembarangan saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Sudirman hingga M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu (15/1/2023). ANTARA/HO-Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta/aa.

Sahabat.com - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menugaskan 265 anggota Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP) untuk membantu warga memanfaatkan sampah menjadi kompos dan barang kerajinan.

"Anggota PJLP kami tugaskan di Bidang Pengolahan Sampah (BPS)  265 RW yang ada di wilayah Jakarta Barat," kata Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat dan Penataan Hukum Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat Enrile Indro Prasetyo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Anggota PJLP Sudin LH itu bertugas memberikan bimbingan seperti mengajarkan warga cara memilah-milah sampah hingga mengolah menjadi barang yang bermanfaat.

Sampah-sampah tersebut nantinya bisa diolah menjadi barang layak guna seperti pupuk kompos hingga kerajinan tangan.

"Jika dirasa kurang, pihak PJLP kita juga bisa mencarikan narasumber yang lebih kompeten untuk menjelaskan tata cara pengolahan sampah menjadi barang layak guna," kata Enrile.

Sejauh ini, para PJLP telah membimbing warga umum hingga kelompok komunitas pengolah sampah di setiap wilayah.

Salah satunya kelompok warga di Meruya Utara yang berhasil mengolah sampah menjadi pupuk untuk tanaman sayur dan obat obatan di atas lahan seluas 1.200 meter persegi (m2).

Dengan adanya program ini, pihaknya berharap produksi sampah rumah tangga di wilayah Jakarta Barat bisa berkurang. Dengan demikian pihaknya dapat mengurangi pengiriman sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Kota Bekasi.

Selain itu, jika program ini dianggap berhasil, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan menyediakan petugas PJLP pembimbing di seluruh RW wilayah Jakarta Barat.

"Kita total ada 584 RW yang ada di Jakarta Barat. Saat ini anggota PJLP yang bertugas baru di 265 RW," kata Enrile.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment