Pemkot Jaksel Sebar 15 Ribu Benih Ikan Nila di Waduk Komplek PN Timah

17 Februari 2023 08:20
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menyebar 15 ribu benih ikan nila di Waduk Komplek PN Timah, Cilandak Barat, Jakarta, Jumat (17/2/2023). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan

Sahabat.com - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menyebar 15 ribu benih ikan nila di Waduk Komplek PN Timah, Cilandak Barat, dalam rangka mempertahankan kelestarian sumber daya ikan di perairan umum.

"Penebaran ikan ini merupakan salah satu upaya memanfaatkan sumber daya dan meningkatkan populasi ikan," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Munjirin berharap adanya penambahan ikan bisa berkembang dan dipelihara dengan baik sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di Cilandak Barat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kasi Perikanan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Dan Pertanian Jakarta Selatan, Nurul berharap ikan yang ditebar dapat meningkatkan angka konsumsi protein hewani bersumber ikan bagi masyarakat sekitar waduk.

Menurut dia, adanya penambahan benih ikan ini untuk mengatasi penurunan ketersediaan akibat pemanfaatan yang berlebih.

"Insya Allah empat bulan ke depan akan ada hasilnya dan dengan 'restocking' ini, juga dapat membantu memperbaiki perairan," ujar Nurul.

Selain menebar ikan, pada kesempatan yang sama Munjirin beserta rombongan juga melakukan penanaman tanaman toga seperti kunyit, sirih dan sereh dalam rangka penghijauan.

"Diharapkan hasilnya nanti dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar," katanya.

Munjirin melakukan penebaran ikan nila didampingi oleh Camat Cilandak Djaharuddin
dan Plt Kasi Perikanan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Dan Pertanian Jakarta Selatan Nurul.

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan telah mendata capaian bidang perikanan KPKP Jakarta Selatan tahun 2022.

"Tahun 2022 lalu kami merealisasikan bantuan benih ikan berupa 193.850 benih ikan nila, 92.150 benih ikan lele, 30 benih ikan koi, dan 60 benih platy," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment