Pemkot Jakut Bangun Kebun Vertikal di Kolong Tol Jalan Yos Sudarso

08 Februari 2023 13:30
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Lalu lintas kendaraan di ruas kanan dan kiri Jalan Yos Sudarso dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di Jakarta Utara saat dilihat dari Menara Pelindo Lantai 18, Jakarta Utara, Selasa (24/1/2023). ANTARA/Abdu Faisal

Sahabat.com - Pemerintah Kota Jakarta Utara akan membangun kebun vertikal (vertical garden) lengkap dengan mural serta lampu otomatis berwarna merah (red), hijau (green), dan biru (blue) atau RGB pada 216 tiang sepanjang kolong tol di Jalan Yos Sudarso dalam rangka program penataan kawasan.

Menurut Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, Jalan Yos Sudarso termasuk sejumlah fasilitas umum di dalamnya seperti trotoar hingga halte akan ditata  dengan taman yang asri.

“Trotoar dan fasilitas umum seperti halte juga akan kami rapikan, termasuk kanstin juga diperbaiki dan dicat kembali,” kata Ali di Jakarta Utara, Rabu.

Tak hanya itu, Ali juga menekankan adanya perbaikan pada saluran air dalam konsep penataan tersebut. Aliran air di sepanjang Jalan Yos Sudarso harus benar-benar mengalir sampai ke titik penampungan air (polder) untuk dipompa ke sungai atau waduk.

“Saluran juga bagian dari maksimalnya penataan kawasan ini. Tali-tali air dan saluran harus benar-benar terawat sehingga jalan protokol ini tidak tergenang saat hujan,” kata Ali.

Ali menyebut Pemerintah Kota Jakarta Utara tengah mematangkan konsep penataan di sepanjang jalan kebanggaan kota itu.

Jalan Yos Sudarso di Jakarta Utara yang termasuk dalam konsep penataan antara lain kedua ruas jalan dari titik lampu lalu lintas (traffic light) Cempaka Putih hingga Pos titik traffic light Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok serta di tengah ruas jalan tepatnya di Kolong Tol Ir Wiyoto Wiyono dan Kolong Tol Akses Tanjung Priok.

“Konsepnya sudah kami buat, namun hari ini kami minta masukan dari semua Unit Kerja Pelaksana Daerah (UKPD), camat, dan lurah, serta pemangku kepentingan lain seperti PT Pelabuhan Indonesia dan PT Cipta Marga Nusa Persada (CMNP), termasuk nanti juga kami akan jajaki dengan PT Hutama Karya,” ujar Ali.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment