Pemkot Jambi Latih Keterampilan Digital ASN Percepat Transformasi

14 Februari 2023 13:01
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Pelatihan digital ASN Kota Jambi di Jambi, Selasa (14/2/2023). (ANTARA/Tuyani)

Sahabat.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi memberikan pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) kepada Aparatur Sipil Negara untuk mendukung akselerasi transformasi digital instansi pemerintah.

Kadis Kominfo Kota Jambi Abu Bakar di Jambi, Selasa, menyebutkan selain Aparatur Sipil Negara (ASN) pelatihan digital juga diberikan Tenaga Kerja Kontrak (TKK).

"Government Transformation Academy (GTA) untuk meningkatkan kompetensi ASN," kata dia.

Tema pelatihan program GTA ini dirancang mulai dari tingkat keterampilan pemula yang berkaitan dengan literasi digital, keterampilan menengah yang menekankan peningkatan kompetensi teknis, hingga advance digital skill yang menyasar ke para pengambil keputusan.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jambi A Ridwan menyebutkan transformasi digital sangat perlu baik bagi ASN maupun TKK di lingkungan Pemkot Jambi.

Sebab Pemerintah Kota Jambi menjadi contoh bagi kota dan kabupaten lainnya di Provinsi Jambi.

Terutama saat ini kota Jambi sudah menerapkan konsep "Kota Pintar". Menurutnya, program ini harus ditunjang dengan ASN yang memiliki keterampilan digital mumpuni sehingga mampu menjalankan program dengan tepat

"Kota Jambi menerapkan Smart City, sehingga sangat perlu adanya pelatihan seperti ini,” kata dia.

Sebelumnya Pemkot Jambi memberikan pelatihan tematik akademi aplikasi perkantoran dan desain grafis Digital Talent Scholarship (DTS) tahun 2023 kepada guru dan tenaga pendidik di daerah setempat.

Pelatihan ini juga bagian dari upaya Pemkot Jambi mewujudkan percepatan perubahan di daerah guna meningkatkan pertumbuhan kota.

Ia menekankan Pemkot Jambi secara berkelanjutan memberikan pelatihan pada berbagai sektor profesi seperti ASN, UMKM hingga mahasiswa.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment