Pemkot Jayapura: Pembinaan Usia dini Butuh Kerja sama Semua Pihak

27 Februari 2023 02:48
Penulis: Alber Laia, news
Pembukaan AFFI 2023 tingkat Kota Jayapura di Lapangan Futsal SMA YPPK Taruna Dharma Jayapura, Ahad (26/2/2023). (ANTARA/Ardiles Leloltery)

Sahabat.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua, menyebutkan dalam pembinaan usia dini setiap cabang olahraga membutuhkan kerja sama semua pihak agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi saat membuka turnamen Liga Asosiasi Academy Futsal (AAFI) U-13 dan U-16 di Jayapura, Ahad, mengatakan dengan adanya kompetisi yang berkelanjutan melalui kompetensi AAFI 2023 dapat menumbuhkan minat dan bakat serta menjauhkan generasi muda dari pengaruh negatif.

"Kami mengapresiasi Asosiasi Futsal Kota Jayapura yang telah menggelar Liga AAFI U-13 dan U-16," katanya.

Menurut Awi, dengan melaksanakan turnamen usia dini, Asosiasi Futsal Kota Jayapura telah berusaha untuk membina dan membentuk pemain futsal yang berkualitas guna disiapkan pada ajang yang lebih bergengsi.

"Apalagi olahraga futsal sangat disukai oleh anak-anak sehingga diperlukan peran serta semua pihak untuk mendorong pembentukan minat dan bakat anak-anak," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya merasa gembira bahwa hingga kini olahraga futsal di Kota Jayapura semakin berkembang cepat di berbagai kalangan masyarakat termasuk pelajar.

"Dengan demikian kami mengajak semua pihak untuk terus mendorong agar olahraga futsal di Kota Jayapura terus maju dan berkembang ke depan," katanya lagi.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Futsal Matias Mano mengatakan liga AAFI akan menjadi salah satu program prioritas kepengurusan AAFI periode 2022-2024.

Dia menjelaskan pelaksanaan AAFI tingkat Kota Jayapura 2023 diharapkan dapat mencetak atlet futsal usia dini untuk dipersiapkan pada liga nusantara (Linus) Futsal zona Papua dan juga bisa menjadi bagian dalam tim futsal Papua pada PON XXI Aceh dan Sumatera Utara.

Pelaksanaan AAFI 2023 menggunakan sistem kompetisi penuh dan akan berlangsung pada 26 Februari 2023 hingga 26 Agustus 2023 di Lapangan Futsal SMA YPPK Taruna Dharma Jayapura.

"Kami berharap ke depan semua klub futsal di Kota Jayapura harus membentuk sekolah futsal atau akademi agar pembinaan usia dini bisa berjalan terus," katanya.

Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua Benhur Tomi Mano mengatakan pembinaan usia dini sangat penting dan harus dilakukan terus-menerus.

"Sehingga kami mendorong agar semua klub futsal di Kota Jayapura dapat memiliki persyaratan yang jelas karena ke depan akan ada liga nusantara futsal zona Papua," katanya.

Turnamen AAFI 2023 diikuti sebanyak 16 klub yang dibagi dalam kategori U-13 berjumlah tujuh klub dan U-16 sembilan klub di mana peserta merupakan klub futsal yang mempunyai akta pendirian klub yang jelas di Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Keerom, Papua.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment