Pemkot Jayapura Tingkatkan Pengetahuan Budaya bagi Siswa SD

22 Februari 2023 03:07
Penulis: Alber Laia, news
Foto bersama setelah penyerahan piala bagi pemenang lomba bercerita budaya daerah Port Numbay, Selasa (21/2/2023) (ANTARA/HO-Humas Pemkot Jayapura)

Sahabat.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jayapura, Papua meningkatkan pengetahuan budaya dan kegemaran membaca bagi siswa SD di wilayah itu dengan menggelar lomba bercerita menggunakan bahasa lokal "Port Numbay".

Lomba bercerita bahasa lokal menggunakan bahasa "Port Numbay" berlangsung di Terminal Tipe A Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Selasa (21/2).

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi saat menutup lomba mengatakan tujuan kegiatan tersebut menyampaikan pengetahuan kepada anak-anak tentang cerita rakyat Papua, khususnya dari "Port Numbay".

"Sehingga ke depan anak-anak di 10 kampung adat di Kota Jayapura bisa bertutur menggunakan bahasa daerah dengan baik," katanya.

Menurut Awi, saat ini masyarakat "Port Numbay" yang tinggal di Kota Jayapura hanya mengerti bahasa lokal setempat tetapi dalam bertutur sudah berkurang.

"Sehingga ini sudah harus disosialisasikan kepada anak-anak kami agar lebih mengetahui tentang bahasa lokal," ujarnya.

Dia berharap, ke depan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Jayapura dapat lomba bahasa di 10 kampung adat di Kota Jayapura.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Jayapura Septinus Ireeuw mengatakan lomba bahasa lokal Papua khususnya "Port Numbay" untuk para siswa SD/MI kelas IV dan V se-Kota Jayapura.

"Di mana ada lima bahasa yakni tiga Kampung Tobati dan Enggros, satu dari Kampung Kayo Pulau dan satu bahasa dari Kampung Skow yang dilombakan," katanya.

Ia menjelaskan lomba tersebut selain untuk memperkenalkan budaya "Port Numbay" juga meningkatkan minat baca para siswa.

"Jadi para siswa diajarkan membaca dan menguasai bahasa sebelum mengikuti lomba," ujarnya.

Dia menambahkan lomba bahasa lokal salah satu cara melestarikan bahasa daerah "Port Numbay".

Pemenang pertama lomba bercerita bahasa lokal "Port Numbay" ialah Adelle Waley dari SD Kristen Kalam Kudus, juara kedua Pearl Melodi dari SD Inpres Kotaraja dan juara ketiga Hadassah Runseba dari SD Negeri 1 Abepura.

Juara keempat Morgan Morin dari SDN Inpres Ardipura 1 dan juara kelima Mesrianti Sehepito dari SDN 1 Hamadi serta juara keenam Muhammad Ramadhan dari SD Nurul Huda 2 Yapis.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment