Pemkot Pekanbaru Imbau Warga Rutin Cek Instalasi Listrik

23 Februari 2023 05:33
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Para pedagang di Pasar Cik Puan Pekanbaru mengais sisa barang yang terbakar pada Minggu (19/2) lalu. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Sahabat.com - Pemerintah Kota Pekanbaru mengimbau warga agar rutin mengecek instalasi listrik guna mencegah kebakaran akibat arus pendek listrik yang bisa terjadi karena instalasinya sudah lama.

"Kita berharap agar warga sedikit lebih jeli. Ketika instalasi sudah lama, itu harapannya diperbaharui," kata Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Provinsi Riau Muflihun  di Pekanbaru, Kamis.

Untuk antisipasi kebakaran ia mengaku juga juga sudah berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara. Hal ini mengingat banyak rumah warga yang masih menggunakan instalasi lama sehingga perlu diantisipasi.

Di samping itu, Muflihun juga mengingatkan warga agar memperhatikan sambungan listrik sebelum bepergian keluar rumah. "Pastikan colokannya sudah dicabut dan sebagainya," tuturnya.

Seperti diketahui, beberapa hari terakhir kebakaran hebat menghanguskan ratusan kios di Pasar Cik Puan. Kemudian kebakaran juga menghanguskan 9 bangunan di Jalan Pangeran Hidayat.

Di Pasar Ciak Puan ada sebanyak 400 kios rata tanah akibat kebakaran yang terjadi pada Minggu (19/2) sore. Hingga kini pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut, kuat dugaan kobaran api muncul dari kios kosong akibat arus listrik.

Salah satu pedagang yang berjualan nasi di pasar Cik Puan, Linda hanya dapat melihat kiosnya dan kios pedagang lain yang telah rata dengan tanah. Ia hanya bisa termangu dan tak tau bagaimana ke depannya.

Linda menyebutkan api cepat merambat karena arus listrik tak langsung diputuskan. Ditambah lagi banyaknya barang-barang yang mudah terbakar.

"Saat kebakaran, warung saya memang sedang tak buka, tapi barang-barang di dalam habis semua. Ledakan juga terjadi berkali-kali karena ada tabung gas," ungkapnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment