Pemkot Yogyakarta Dukung Penuh Penggalangan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

04 Desember 2023 16:34
Penulis: Adiantoro, news
Pemkot Yogyakarta mendukung penuh penggalangan bantuan kemanusiaan untuk Palestina. (Istimewa/jogjakota.go.id)

Sahabat.com - Seluruh karyawan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mendukung penuh penggalangan dana yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta untuk membantu korban di Palestina. 

Hal tersebut disampaikan Ketua Baznas Kota Yogyakarta, Syamsul Azhari, Senin (14/9/2023).

"Alhamdulilah penggalangan dana ini mendapatkan respon baik dari seluruh karyawan Pemkot Yogya serta masyarakat Kota Yogya," ungkap Syamsul, dilansir dari laman Pemerintah Kota Yogyakarta, Senin (4/12/2023).

Dia mengatakan, selain dari karyawan Pemkot Yogyakarta dan masyarakat penggalangan dana tersebut juga dilakuan di sekolah-sekolah. "Sudah ada 11 SD dan 11 SMP yang ikut menggalang dana, selain itu juga ada beberapa bank, dan 35 takmir masjid," lanjutnya.

Tak sampai disitu, ungkap Syamsul, penggalangan ini juga dibantu oleh para relawan mahasiswa. "Contonya pada Jumat (1/12/2023) lalu telah diserahkan bantuan dari Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Fisika (HMPF) UGM sejumlah Rp.2.000.000," terangnya.

Sampai saat ini dana yang terkumpul mencapai Rp350 juta. Dari jumlah tersebut yang telah ditasarufkan/diserahkan melaluii Baznas RI sejumlah Rp225 juta. 

Pihaknya pun terus mengajak masyarakat untuk turut mengulurkan tangan diniatkan atas nama zakat, infak, dan sedekah. Syamsul menjelaskan bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan untuk Palestina, dapat melalui berbagai cara. 

Pertama dapat menyerahkan bantuan tersebut dengan datang langsung ke kantor Banzas Kota Yogyakarta beralamat di Komplek Masjid Pangeran Diponegoro Balai Kota Yogyakarta.

Kedua dapat melalui transfer Bank BPD DIY Syariah dengan nomor rekenining 801.111.000.054 atau melalui Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan nomor rekening 444.111.1121. "Kedua bank ini atasnama Baznas Kota Yogyakarta," ungkapnya.

Ketiga masyarakat dapat memanfaatkan layanan jemput bola Baznas Kota Yogyakarta. "Jemput bola ini dilayani setiap hari pukul 08:00 WIB sampai pukul 17:00 WIB," imbuhnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin membantu para korban Palestina dapat menyalurkannya melalui amil resmi. Baik Baznas maupun LAZ yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah.

Sementara itu, Sekretaris Baznas Kota Yogyakarta Misbahrudin menambahkan, bantuan tersebut untuk memenuhi segala keperluan warga Palestina, baik dalam bentuk logistik, barang, atau keperluan lain. Selain menggalang dana, kata Misbahrudin, Baznas Kota Yogyakarta juga turut menginisiasi salat ghaib untuk para korban Palestina.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment