Pemprov Jatim Gelar Mudik Gratis Via Laut ke Pulau Raas Sumenep, Pendaftaran Dibuka Mulai 4 April 2023

01 April 2023 13:50
Penulis: Ramses Manurung, news
Mudik gratis menggunakan kapal laut/ist

Sahabat.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar program mudik gratis bagi warganya yang hendak merayakan Lebaran 2023. Mudik gratis kali ini via laut dengan tujuan Pulau Raas, Kabupaten, Sumenep, Madura. 

Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Banyuwangi Wilayah Kerja Jangkar, Situbondo, Tri Wahyono mengatakan pendaftaran program mudik gratis ke Pulau Raas Sumenep akan mulai dibuka pada 4 April 2023.

Rencananyakapal motor penyeberangan (KMP) yang disiapkan untuk mengangkut masyarakat yang ikut dalam program mudik gratis tersebut akan berangkatkan dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Tri Wahyono menjelaskan para pemudik akan diangkut dengan satu unit kapal feri KMP Wicitra Dharma I sekaligus melayani masing-masing empat kali trip pelayaran pada arus mudik, dan balik Lebaran 2023, dengan jadwal berikut ini;

- 13 April 2023 (berangkat pukul 12.00): Pelabuhan Jangkar-Pulau Raas,

- 15, 17 dan 19 April 2023 (berangkat pukul 22.00 WIB): Pelabuhan Jangkar-Pulau Raas.

Jadwal arus balik;

- 30 April 2023 (berangkat pukul 06.00 WIB): Pulau Raas-Pelabuhan Jangkar,

- 2, 4, 6 Mei 2023 (berangkat pukul 06.00 WIB): Pulau Raas-Pelabuhan Jangkar.

KMP Wicitra Dharma mampu mengangkut 250 orang, dan 150 unit sepeda motor, sebanyak empat kali pelayaran dari Jangkar ke Raas.

Pendaftaran mudik dan balik gratis tersebut dapat dilakukan secara online melalui https://sipentol.dishub.jatimprov.go.id/.

Selain menyiapkan mudik gratis via laut ke Pulau Raas Sumenep, Pemprov Jawa Timur juga membuka pendaftaran program mudik gratis angkutan bus mulai Senin, 27 Maret 2023 hingga Senin, 10 April 2023. Pemprov Jawa Timur akan menyediakan 161 bus, dengan tujuan mudik ke sejumlah kabupaten/kota di provinsi tersebut.  

“Kuota terbatas, yuk buruan daftar mudik gratis Pemprov Jawa Timur. Sebanyak 161 armada bus sudah disiapkan untuk mengantar para pemudik ke 17 kabupaten/kota tujuan di Jawa Timur dengan start awal dari Kota Surabaya,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam akun Instagram @khofifah.ip.

Bus mudik gratis tersebut dijadwalkan mulai diberangkatkan ke berbagai daerah di Jawa Timur pada 19 April 2023 dari Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. Pada saat itu, sebanyak 90 bus akan diberangkatkan.

Tak hanya menyediakan layanan mudik gratis untuk masyarakat di wilayah Jawa Timur, Pemprov Jawa Timur juga menyiapkan layanan mudik gratis untuk warga Jawa Timur yang merantau di Ibu Kota Jakarta, yang ingin pulang ke Jawa Timur. Berdasarkan penjelasan Khofifah, sebanyak 34 bus pun akan disediakan di Jakarta. 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment