Pemprov Kepri Hadirkan Program Beasiswa Kuliah ke China

16 Februari 2023 08:04
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kepri di Kota Batam Nor Muhammad (ANTARA/Jessica)

Sahabat.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) menghadirkan program beasiswa kuliah ke China bagi siswa-siswi di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kepri di Kota Batam Nor Muhammad mengatakan program tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Pemprov Kepri bekerja sama dengan Anak Negeri Cinta Pendidikan dan Yayasan Pendidikan Internasional.

"Yang gratis itu adalah biaya kuliah dan asrama. Tapi kalau biaya makan tetap ditanggung orangtua, dengan biaya transportasi dan kesehatan sampai ke China," kata Nor di Batam, Kamis.

Ia menjelaskan saat ini pihaknya tengah fokus dalam melakukan sosialisasi kepada pihak sekolah dan orangtua untuk mengikutsertakan peserta didik dalam program beasiswa kuliah ke China.

Lebih lanjut Nor menyebutkan dengan adanya program tersebut merupakan salah satu bentuk untuk memajukan pendidikan di Provinsi Kepri.

"Kita akan sosialisasikan kepada orangtua dan pada akhirnya waktu keberangkatan juga akan dilepaskan oleh Pak Gubernur," ujar dia.

Selain mengadakan program beasiswa kuliah ke China, Pemprov Kepri juga akan menghadirkan beasiswa magang ke Jepang.

"Nanti ada juga beasiswa ke Jepang, tapi hanya berhubungan dengan istilahnya kerja sambil kuliah atau magang. Yang di China fokus kuliah," ujar Nor.

Pemprov Kepri mengalokasikan dana beasiswa sebesar Rp4,5 miliar untuk membantu mahasiswa kurang mampu dan berprestasi.

Kepala Biro Kesra Kepri Ayub di Tanjungpinang mengatakan program bantuan beasiswa kembali dilaksanakan karena ribuan mahasiswa asal Kepri membutuhkan.

"Ada sekitar 2.000 orang mahasiswa strata I yang mengajukan permohonan bantuan tersebut pada tahun 2022, namun hanya ratusan orang saja yang mendapatkannya. Jadi, kami kembali melaksanakan program itu," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment