Pemprov Lampung: Tim Literasi Berperan Tingkatkan Indeks Literasi

14 Februari 2023 13:43
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Rapat koordinasi bunda literasi dan tim literasi Lampung. Bandarlampung, Selasa (14/2/2023). ANTARA/HO- Pemprov Lampung.

Sahabat.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengatakan adanya pembentukan tim literasi hingga tingkat desa berperan peting dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) daerah.

"Diselenggarakannya rapat koordinasi dalam rangka meningkatkan indeks literasi untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Lampung ini sangat baik. Sebab dapat menjadi media komunikasi untuk berkoordinasi, berkonsolidasi mengenai program peningkatan budaya literasi provinsi dan kabupaten atau kota," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto berdasarkan keterangan yang di terima, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Provinsi Lampung pada 2022 yaitu 59,99, dan masih di bawah IPLM rata-rata yaitu sebesar 64,48.

"Sedangkan pada tahun sebelumnya IPLM Lampung adalah 60,90. Hal tersebut menunjukkan adanya penurunan, sehingga ini harus menjadi perhatian dan tantangan kita bersama, agar ke depan IPLM Provinsi Lampung dapat semakin meningkat," katanya.

Dia menjelaskan dengan adanya tim literasi memiliki peran penting dalam meningkatkan IPLM, sehingga mewujudkan sumber daya manusia yang unggul.

"Tim literasi ini bisa meningkatkan budaya literasi di tengah masyarakat, sehingga menciptakan sumber daya manusia yang unggul serta akan membantu membangun daerah menjadi lebih baik. Diharapkan koordinasi yang dilaksanakan dapat mensinergikan program literasi antar daerah," ujarnya.

Ia melanjutkan, dalam meningkatkan budaya literasi diperlukan kolaborasi dari berbagai sektor.

"Banyak indikator yang mempengaruhi peningkatan budaya literasi di tengah masyarakat dan hal itu tidaklah mudah. Diharapkan adanya bunda literasi serta tim literasi kabupaten, kota, hingga desa dapat meningkatkan indeks literasi daerah," ucap dia lagi.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment