Pemprov Sultra Optimistis RSU Bahteramas Meraih Akreditasi Paripurna

14 Februari 2023 02:13
Penulis: Alber Laia, news
Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio saat memberi sambutan di hadapan Tim Penilai Lembaga Survey RSU. (ANTARA/HO)

Sahabat.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara optimistis RSU Bahteramas akan meraih akreditasi paripurna dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP).

Sekretaris Daerah Provinsi Sultra Asrun Lio di Kendari, Senin (13/2), berharap, pada survei akreditasi RSU Bahteramas Provinsi Sultra tahun ini mendapatkan nilai yang lebih sebagaimana dilakukan pada 2019 dengan nilai yang paripurna.

"Tentu dokumen-dokumen yang disiapkan RSU Bahteramas ini dikunjungi secara langsung dan semuanya akan dilihat mana yang menjadi aspek-aspek yang dinilai misalnya terkait pelayanan, bagaimana sarana prasarana dan bagaimana keadaan tenaga medis serta para dokter. Dan tentu semua akan menjadi akumulasi nilai yang menunjukkan apakah RSU Bahteramas mendapatkan nilai yang paripurna atau tidak. Jadi tergantung dari bagaimana rumah sakit menyiapkan persiapan-persiapan untuk akreditasi," katanya.

Ia mengatakan kondisi saat ini, RSU Bahteramas telah banyak perubahan, antara lain dari sisi lingkungan, pelayanan, dan penataan.

"Jadi kita masuk bukan lagi seperti rumah sakit tapi sudah seperti hotel, yaitu menggambarkan bahwa orang masuk di hotel pastikan senang, merasa dia nyaman. Itulah suasana yang diciptakan rumah sakit itu bukan rumah yang menyeramkan, jadi pelayanannya ramah dan juga dokter serta perawatnya juga ramah jadi orang nyaman di sini. Jadi orang biar dirawat berhari-hari tapi 'enjoy' untuk kesembuhannya. Saya optimis bahwa rumah sakit ini akan mendapatkan akreditasi yang terbaik " ujarnya.

Ketua Tim Survei LARS-DHP dr Ety Retno Setyowati mengatakan pada 10 Februari 2023 pihaknya telah melakukan akreditasi secara daring dan selama 13-14 Februari secara luring.

"Hari ini kita akan melihat bagaimana regulasi yang sudah dibuat yakni dokumen yang dibuat itu diimplementasikan teman-teman semua yang ada di rumah sakit ini. Dan kami menyampaikan terima kasih RSU Bahteramas telah memilih LARS-DHP sebagai lembaga untuk meneropong atau memotret bagaimana kegiatan pelayanan rumah sakit ini dilaksanakan," katanya.

Pihaknya akan melihat secara langsung mutu dan keselamatan pasien di RSU Bahteramas.

"Tapi melihat dari awal teman-teman sudah siap, mulai dari penyambutan yang luar biasa kemudian dari kehadiran Bapak Sekda, dewan pengawas dan dinas kesehatan menunjukkan bahwa dukungan dari pemerintah terhadap rumah sakit ini terutama dalam survei akreditasi luar biasa," katanya.

Direktur RSU Bahteramas Provinsi Sultra dr Hasmudin SpB menyampaikan terima kasih kepada tim survei yang datang ke RSU tersebut dalam rangka memberikan penilaian rumah sakit berdasarkan standar dan elemen penilaian standar akreditasi Kementerian Kesehatan.

"Sekaligus memberikan masukan, rekomendasi dan saran kepada RSU Bahteramas agar semakin baik ke depannya. Semoga ilmu dan hasil penilaian diperoleh dapat bermanfaat dan meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien di RSU Bahteramas," ungkapnya.

Ia berharap, survei akreditasi di RSU Bahteramas berjalan efektif dan efisien, sedangkan kepada kelompok kerja dan seluruh staf dapat mengikuti survei tersebut dengan baik.

"Atas segala usaha yang sangat maksimal seluruh pokja dan civitas RSU Bahteramas tanpa merasakan lelah penuh dedikasi dan komitmen tinggi menyiapkan proses akreditasi semoga perjuangan kita semua tidak sia-sia dengan mendapatkan predikat akreditasi paripurna," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment